STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SDN TOKONANAKA KABUPATEN MOROWALI UTARA

Authors

  • Asraf Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo

Keywords:

Strategi Guru, Pendidikan Karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru, karakter demokratis dan karakter tanggung jawab yang terlihat dalam penerapan strategi yang dilakukan guru di sdn tokonanaka kabupaten morowali utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penelitian ini yaitu: 1) tahap pra-lapangan, 2) tahap penelitian, 3) tahap pemeriksaan informasi, 4) tahap penyusunan laporan. Metode pemeriksaan informasi menggunakan bermacam-macam informasi, pengurangan informasi, tampilan informasi dan penarikan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan pendidikan karakter demokratis dan tanggung jawab ada dua strategi yaitu dengan menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan penggunaan strategi pembiasaan pada saat diterapkan sangat tampak terlihat karena terdapat perubahan sikap yang dialami siswa seperti pembiasaan untuk berkata sopan, pembiasaan mencium tangan guru. sedangkan metode keteladanan yang terlihat yaitu guru yang mempraktekan langsung atau memberikan contoh pembiasaan yang baik dilakukan siswa seperti datang tepat waktu menggunakan seragam yang rapi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, R. (2015). Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar.

Astuti, F. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdit Permata Bunda Iii Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.radenintan.ac.id/8990/

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguataan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16. http://doi.org/jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/519

Junaedi, J., Muslimin, A. A., & B, R. (2020). Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik Di Mi Madani Alauddin Pao-Pao Kab Gowa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.535

Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862

Mulyadi. (2015). MEMBANGUN SISTEM PENDIDIKAN DEMOKRATIS Mulyadi Abstract. Kebijakan, 2(2).

Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1),45–60. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/1462

Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jktp, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206

Sholeha, M., Yunianto, T., & Ulfah, J. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1–12. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2428368

Suhono, & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah al-Aulad fi al-Islam). Elementary, 3(2),107119 https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/833

Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23608

Yuningsih, C. R. (2017). JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL Februari 2017 Vol. 1 No. 1. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 2. https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/19

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Asraf, Rusmin, L., & Arihi, L. O. S. (2022). STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SDN TOKONANAKA KABUPATEN MOROWALI UTARA. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 59–67. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/9