STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER DEMOKRATIS DAN TANGGUNG JAWAB SISWA KELAS IV SDN TOKONANAKA KABUPATEN MOROWALI UTARA
Keywords:
Strategi Guru, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru, karakter demokratis dan karakter tanggung jawab yang terlihat dalam penerapan strategi yang dilakukan guru di sdn tokonanaka kabupaten morowali utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Prosedur penelitian ini yaitu: 1) tahap pra-lapangan, 2) tahap penelitian, 3) tahap pemeriksaan informasi, 4) tahap penyusunan laporan. Metode pemeriksaan informasi menggunakan bermacam-macam informasi, pengurangan informasi, tampilan informasi dan penarikan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang diterapkan guru dalam menanamkan pendidikan karakter demokratis dan tanggung jawab ada dua strategi yaitu dengan menggunakan strategi pembiasaan dan keteladanan penggunaan strategi pembiasaan pada saat diterapkan sangat tampak terlihat karena terdapat perubahan sikap yang dialami siswa seperti pembiasaan untuk berkata sopan, pembiasaan mencium tangan guru. sedangkan metode keteladanan yang terlihat yaitu guru yang mempraktekan langsung atau memberikan contoh pembiasaan yang baik dilakukan siswa seperti datang tepat waktu menggunakan seragam yang rapi.
Downloads
References
Anggraini, R. (2015). Strategi guru dalam pembentukan karakter siswa menurut kurikulum 2013 di kelas 4 Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Ngadirejo Kota Blitar.
Astuti, F. (2019). Strategi Guru Kelas Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sdit Permata Bunda Iii Bandar Lampung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. http://repository.radenintan.ac.id/8990/
Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguataan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16. http://doi.org/jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/519
Junaedi, J., Muslimin, A. A., & B, R. (2020). Strategi Guru Kelas Dalam Menumbuhkan Nilai Karakter Peserta Didik Di Mi Madani Alauddin Pao-Pao Kab Gowa. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 6(1), 14–26. https://doi.org/10.31932/jpdp.v6i1.535
Kurniawan, M. W., & Kusumawardhana, A. S. (2020). Strategi Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Menumbuhkan Sikap Demokratis Siswa. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKn, 7(1), 7–16. https://doi.org/10.36706/jbti.v7i1.10862
Mulyadi. (2015). MEMBANGUN SISTEM PENDIDIKAN DEMOKRATIS Mulyadi Abstract. Kebijakan, 2(2).
Rizal, S., & Munip, A. (2017). Strategi Guru Kelas dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SD/MI. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 4(1),45–60. https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/ibtida/article/view/1462
Shoimah, L., Sulthoni, & Soepriyanto, Y. (2018). Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Sekolah Dasar Lailatus Shoimah, Sulthoni, Yerry Soepriyanto. Jktp, 1(2), 169–175. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktp/article/view/4206
Sholeha, M., Yunianto, T., & Ulfah, J. (2021). Analisis Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1–12. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2428368
Suhono, & Utama, F. (2017). Keteladanan Orang Tua dan Guru dalam Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini (Perspektif Abdullah Nashih Ulwan Kajian Kitab Tarbiyyah al-Aulad fi al-Islam). Elementary, 3(2),107119 https://ejournal.metrouniv.ac.id/index.php/elementary/article/view/833
Triyani, E., Busyairi, A., & Ansori, I. (2020). Penanaman Sikap Tanggung Jawab Melalui Pembiasaan Apel Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Kelas Iii. Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar, 10(2), 150–154. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreatif/article/view/23608
Yuningsih, C. R. (2017). JURNAL EDUKASI SEBELAS APRIL Februari 2017 Vol. 1 No. 1. Jurnal Edukasi Sebelas April, 3(1), 2. https://jurnal.stkip11april.ac.id/index.php/JESA/article/view/19