ANALISIS SOAL PENILAIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III

Authors

  • Inggi Marcelia Syari Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.17

Keywords:

Analisis, ranah kognitif, revisi taksonomi Bloom, soal penilaian

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal penilaian yang dibuat oleh guru dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupalembar soal penilian harian. Hasil analisis penelitian soal penilaian yang dibuatoleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku dikelas III memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan(C3). Persentase jumlah soal pada tingkat kognitif mengingat (C1) dan memahami (C3) untuk subtema 1 sampai dengan subtema 4 hanyaberkisar pada 20%-30% saja. Tidak ada ditemukan soal pada tingkat kognitifmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Tidak adanya soal-soalpada level C4 , C5 dan C6 karena soal penilaian dibuat khusus untuk kelas rendah. Dapat disimpulkan bahwa soal penilaian harian yang dibuat oleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku di kelas III sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2)dan mengaplikasikan (C3).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Asmayani, D. (2014). Model Pembelajaran Inquiry dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang.Jurnal Ta’dib, XIX(01), 43–62.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/9/4

Baharuddin. 2017. Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 21-40.

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/1283/1048

Djazari, M., & Sagoro, Murti Endra. 2011. Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari IPK D3 dan Asal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2), 103-112.

http://doi.org/10.21831/jpai.v9i2.970

Fatonah, S. 2005. Aplikasi Aspek Kognitif (teori Bloom) dalam Pembuatan Soal Kimia.Jurnal Kauni, vol.1, no.2, hal.153-160.

http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/691/

Fatchurrohman. (2015).Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal dan Internal di Madrasah Ibtidayah.Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 329–350.

https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.329-350

Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mohammad Zaki. 2000. Pengembangan Perangkat Assesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika pada Melukis Segitiga Siswa Kelas VII SMPN 2 Surabaya. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.

https://www.academia.edu/12764246/PENGEMBANGAN_PERANGKAT_ASESMEN_KINERJA_DALAM_PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SUB_POKOK_BAHASAN_MELUKIS_SEGITIGA_PADA_SISWA_KELAS_VII_SMP_NEGERI_2_SURABAYA

Masduki, dkk. 2013. Level Kognitif Soal-Soal Buku Pelajaran Matematika SMP. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN: 978-979-16353-9-4.

http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10776

Prasetya, Tri Indah. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Magelang. Jurnal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 107-108.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/873

Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Syari, I. M., Hasan, S., Rusmin, L., & Arisanti, W. O. L. (2023). ANALISIS SOAL PENILAIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 148–156. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.17