ANALISIS SOAL PENILAIAN BERDASARKAN RANAH KOGNITIF TAKSONOMI BLOOM REVISI PADA TEMA 4 KEWAJIBAN DAN HAKKU DI KELAS III
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.17Keywords:
Analisis, ranah kognitif, revisi taksonomi Bloom, soal penilaianAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian soal penilaian yang dibuat oleh guru dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang berupalembar soal penilian harian. Hasil analisis penelitian soal penilaian yang dibuatoleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku dikelas III memuat tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan(C3). Persentase jumlah soal pada tingkat kognitif mengingat (C1) dan memahami (C3) untuk subtema 1 sampai dengan subtema 4 hanyaberkisar pada 20%-30% saja. Tidak ada ditemukan soal pada tingkat kognitifmenganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Tidak adanya soal-soalpada level C4 , C5 dan C6 karena soal penilaian dibuat khusus untuk kelas rendah. Dapat disimpulkan bahwa soal penilaian harian yang dibuat oleh guru pada tema 4 kewajiban dan hakku di kelas III sesuai dengan ranah kognitif taksonomi Bloom revisi tingkat kognitif mengingat (C1), memahami (C2)dan mengaplikasikan (C3).
Downloads
References
Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Arifin, Zainal. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Asmayani, D. (2014). Model Pembelajaran Inquiry dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Negeri Tebing Tinggi Empat Lawang.Jurnal Ta’dib, XIX(01), 43–62.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/tadib/article/view/9/4
Baharuddin. 2017. Pembentukan Karakter Siswa dan Profesionalisme Guru Melalui Budaya Literasi Sekolah. El-Idare: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 21-40.
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/1283/1048
Djazari, M., & Sagoro, Murti Endra. 2011. Evaluasi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Kelanjutan Studi Jurusan Pendidikan Akuntansi Ditinjau dari IPK D3 dan Asal Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 9(2), 103-112.
http://doi.org/10.21831/jpai.v9i2.970
Fatonah, S. 2005. Aplikasi Aspek Kognitif (teori Bloom) dalam Pembuatan Soal Kimia.Jurnal Kauni, vol.1, no.2, hal.153-160.
http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/691/
Fatchurrohman. (2015).Pengembangan Model Pembelajaran Tematik Integratif Eksternal dan Internal di Madrasah Ibtidayah.Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 9(2), 329–350.
https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.329-350
Majid, Abdul. 2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mohammad Zaki. 2000. Pengembangan Perangkat Assesmen Kinerja dalam Pembelajaran Matematika pada Melukis Segitiga Siswa Kelas VII SMPN 2 Surabaya. Tesis: Universitas Negeri Surabaya.
Masduki, dkk. 2013. Level Kognitif Soal-Soal Buku Pelajaran Matematika SMP. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, ISBN: 978-979-16353-9-4.
http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10776
Prasetya, Tri Indah. 2012. Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Hasil Belajar Berbasis Modul Interaktif Bagi Guru-Guru IPA SMPN Kota Magelang. Jurnal of Educational Research and Evaluation, 1(2), 107-108.
https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere/article/view/873
Wowo Sunaryo. 2012. Taksonomi Kognitif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.