PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 66 KENDARI
Keywords:
problem based learning, kemampuan berpikir kritis, flashcardAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 66 Kendari melalui penggunaan paradigma pembelajaran berbasis masalah yang dilengkapi dengan media flashcard. Penelitian semacam ini dilakukan selama tiga siklus dan dikenal sebagai penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas V SD Negeri 66 Kendari yang mengikuti pembelajaran pada semester genap 2021-2022. Metode observasi dan penilaian kemampuan berpikir kritis digunakan dalam pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Persentase kemampuan berpikir kritis meningkat dari siklus I ke siklus III, dari 58,88% dalam kategori rendah pada siklus I menjadi 76,10% dalam kategori sedang pada siklus II, dan dari 82,22% dalam kategori tinggi pada siklus III. Hasilnya, penggunaan model pembelajaran problem based learning berbantuan media flashcard dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri 66 Kendari.
Downloads
References
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2019). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ariyanto, M., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Guru Kita (JGK), 2(3), 106–115. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jgkp/article/view/10392
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. JKPM, 5(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26877/jipmat.v3i1.2226
Azizah, U. (2014). Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. PGSD FIP Universitas Negeri Surabaya, 2(3). https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/12237
Dari, O. W., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Journal of Basic Education Studies, 3(1). https://ejurnalunsam.id/index.php/jbes/article/view/2688
Megawati, & Oktavia, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran CTL Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 593–601. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.264
Nurqolbiah, S. (2016). Peningkatan kemampuan pemecahan masalah, berpikir kreatif dan self-confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 2(2), 143–158. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/166
Utami, T. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Dipadukan Media Flashcard Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VIII SMP/MTS. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/5760
Walfajri, R. U., & Harjono, N. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Tematik Muatan IPA Melalui Model Problem Based Learning Kelas 5 SD. JURNAL BASICEDU, 3(1), 16–20. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/72
Widhiatma, Y. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 4 SDN Kalinanas 01. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(4), 450–451. https://e-jurnalmitrapendidikan.com/index.php/e-jmp/article/view/85
Yurindah, B, A., & Hamid, R. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkanpemahaman Konsep Perubahan Suhu Dan Wujud Benda Pada Siswa Kelas Vc SDN 36 Kendari. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1). http://dx.doi.org/10.36709/jipsd.v2i1.13699
Zakaria. (2020). Mengintegrasikan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Dirasah, 3(2). https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/191