PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V

Authors

  • Elsa Apriani Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.46

Keywords:

projek, analisis, desain, pengembangan

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah upaya mewujudkan pembelajaran mandiri bagi peserta didik. Belum dikembangkannya LKPD berbasis PjBL untuk melatih keterampilan interpersonal dan kemampuan bekerja sama peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning, mengetahui kelayakan lembar kerja peserta didik berbasis Project Based Learning yang telah dikembangkan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yakni Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap pengembangan sampai pada tahap Development. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian lembar validasi kepada dosen ahli dan guru kelas V untuk menilai kelayakan produk yang telah dikembangkan dan angket respon kepada peserta didik untuk mengetahui respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan LKPD berbasis PjBL  yang layak digunakan dalam pembelajaran IPA, ditinjau dari penilaian kelayakan oleh dosen ahli dan guru kelas V yang memperoleh persentase sebesar 88,28% dengan kriteria sangat layak dan LKPD berbasis PjBL mendapat respon positif dari peserta didik yang memperoleh persentase sebesar 99,21% dengan kriteria sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agung, A, S., Idris., & Ayurachmawati, P. (2017). Analisis Kesulitan Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD Negeri 01 Karang Melati. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://core.ac.uk/download /pdf/322599509.pdf

Astalini, Kurniawan, D. A., Darmaji, Ikhlas, M., Kuswanto, Perdana, R., Anggraini, L., & Putra, I. (2020). Attitude and Self-confidence Students in Learning Natural Sciences: Rural and Urban Junior High School. Universal Journal of Educational Research,8(6),2569–2577.https://doi.org/1 0.13189/ujer2020.080640

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran. In CV Kaaffah Learning Center.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, 4(2), 129–150. http:// www.aftanalisis.com

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28–38. https:// doi.org/10.15575 /jipai.v1i1.11042

Hidayati, R., & Dephinto, Y. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Gastritis Berulang Di Puskesmas Andalas Tahun 2018. UNES Journal of Social And Economics Research, 3(2), 228. https://doi.org/10.31933/ujser.3.2.228-234.2018

Maisarah, & Lena, M. S. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) pada Application Of The Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal

Mutia. (n.d.). Characteristics of Children Age Of Basic Education.3, 114–131.

Purnama, S. (2016). Metode Penelitian Dan Pengembangan (Pengenalan Untuk Mengembangkan Produk Pembelajaran Bahasa Arab). Lliterasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 4(1), 19. https://doi.org /10.21927/literasi.2013.4(1).19-32

Purnomo, P., & Palupi, M, S. (2016). Buku teknik penyusunan instrumen penelitian. Jurnal Penelitian (Edisi Khusus PGSD), Vol 20(No.2), 151–157.

Rizki, M., Ramadhani, E., & Fakhrudin, A. (2022). Pengembangan Modul Digital IPA Materi Sumber Energi Berbasis Contextual Teaching And Learning. Wahana Didaktika, 20(2), 292–300. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/ index.php/didaktika/article/download/7193/5770

Sa’diyah, H., Alfiyah, H, Y., AR, Z., & N. (2020). Model Research and Development Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. El Banat, 10, 42–73.

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434

Tanti, T., Kurniawan, D. A., Wirman, R. P., Fitriani, R. S., Pratiwi, N. I. S., & Yuhanis, E. (2020). Relationship Attitude Natural Sciences To Responsibility In Junior High School. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(2), 306–318. https://doi.org/10.24815/jp si.v8i2.17117

Whitney, G. G., Foster, D. R., Bozkurt, Y., Armağan, E., Whitney, G. G., & Foster, D. R. (2008). Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Ph.D. Thesis, Central-South University of Technology, China, 76(3), 61–64.

Zulhana, Z., & Usman, M. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa Kelas X Mia Sma Negeri 2 Sungguminasa. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.26858/ eralingua.v1i1.2984

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Elsa Apriani, Amiruddin B., & Hikmawati. (2024). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 193–204. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.46