KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ANALISIS MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 5 PASIKOLAGA

Authors

  • Ririn Fitriani Universitas Halu Oleo
  • La Ode Kaimuddin Universitas Halu Oleo
  • Yoo Eka Yana Kansil Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.20

Keywords:

kesulitan belajar, matematika siswa

Abstract

penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika kelas IV di SD Negeri 5 Pasikolaga. Adapun sampel dalam penelitian ini sebanyak 17orang siswa di kelas IV SD Negeri 5 Pasikolaga. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes melalui penugasan tertulis berupa tes, observasi, analisis dokumen, dan wawancara subyek penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan kesulitan siswa dalam belajar matematika yaitu terdiri dari tiga komponen dengan persentase yaitu: (1) kesulitan memahami konsep 53% yang tergolong tinggi, (2) kesulitan dalam operasi/skill 45% yang tergolong tinggi, dan (3) kesulitan pemecahan masalah 51% yang tergolong tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Astuti, F.N., Yusmin, E., Suratman, D.2015. Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Peluang di MAN Sanggau. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, vol. 4, no. 10, hal. 1–10.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/11971/11121

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan, Yogyakarta : Aditya Media

Badriyah, N., Sukamto., Subekti, E, E. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Pecahan Kelas III SDN Lamper Tengah 02. Pedagogik Jurnal Pendidikan,Vol. 15, no. 1, hal. 10-15.

DOI : https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1279

Dwidarti, U., Mampouw, H, L., Setiadi, D. 2019. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, hal. 315–322. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/110

Darjiani, Ni Nym, Y., Meter, I Gd., Negara, A, O. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD Piloting Se-Kabupaten Gianyar. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, vol. 3, no. 1, hal.1-11. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/5070/3826

Kartika, Y. 2018. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP pada Materi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 2, no. 4, hal. 777–785. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/25/21

Khismawati, H, M., Hidayati, S., Jayanti, D, D. 2017. Analisis Kesulitan Siswa dalam Memahami Materi Pecahan Campuran Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal PGSD. Vol. 1, no 3, hal. 1-16.

URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/591

Nurjannah., Danial., Fitriani. 2019. Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Negatif. Jurnal Kependidikan, vol. 13, no 1, hal. 68–79. https://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/1651811

Rahayu, Y., Pujiastuti, H. 2019. Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMP pada Materi Himpunan: Studi Kasus di SMP Negeri 1 Cibadak. Journal of Research in Mathematics Learning and Education, Vol. 3, no. 2, hal. 1-10.

DOI: http://dx.doi.org/10.23969/symmetry.v3i2.1284

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta.

Suarjana, I Md., Parmiti, D, P., Safitri, Pt, E, A. 2018. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education. Vol. 2, no. 2, hal. 1-12. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/viewFile/14417/8796

Widyasari, Ni M, D., Dwi., Meter, I, G., Negara, I, G, A, O. 2015. Analisis Kesulitan-Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SD piloting Se-Kabupaten Gianyar. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 3, no. 1, hal 1-11.https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/5069/3825

Yeni, E, M. 2015. Kesulitan Belajar Matematika di Sekolah Dasar. Jupendas, vol. 2, no. 2, hal. 1–10. http://www.jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/download/231/131

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Ririn Fitriani, La Ode Kaimuddin, Kansil, Y. E. Y., & Mustari, F. (2023). KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ANALISIS MATEMATIKA KELAS IV SD NEGERI 5 PASIKOLAGA. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 176–187. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.20