MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN SATU ATAP 9 KONAWE SELATAN

Authors

  • Vina Febriana Universitas Halu Oleo
  • Rimba Hamid Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.16

Keywords:

model pembelajaran, berbasis masalah, kemampuan literasi sains

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah. Penelitian semacam ini disebut penelitian tindakan kelas (PTK), dan terdiri dari dua siklus dengan masing-masing tiga kali pertemuan. Langkah-langkah dalam proses penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 15 siswa kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan berpartisipasi dalam penelitian ini sebagai subjeknya pada semester genap 2021-2022. Ujian literasi sains dan observasi digunakan sebagai metode pengumpulan data. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Dengan persentase skor kinerja literasi sains siswa pada siklus I sebesar 41,4% dan peningkatan pada siklus II sebesar 48,6%, temuan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Oleh karena itu, dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah di kelas V SDN Satu Atap 9 Konawe Selatan dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiman, U., & Ahmad, R. A. R. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) terhadap Literasi Sains Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata., 1(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/10.51494/jpdf.v1i1.195

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://jurnalilmiahcitrabakti.ac.id/jil/index.php/jil/article/view/37

Alatas, F., & Laili, F. (2020). Model problem based learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains pada Konsep Pemanasan Global. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 4(2), 103–114. https://doi.org/https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.862

Betari, M. E., Yanthi, N., & Rostika, D. (2016). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. A n t o l o g i U P I, 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284

Darma, D., Khaeruddin, K., & Ristiana, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan, 4(1), 350–357. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876

Kelana, jajang B., & Wardani, D. S. (2021). Model Pembelajaran IPA SD (G. D. S. Rahayu (ed.)). Edutrimedia Indonesia.

Narut, Y. F., & Supardi, K. (2019). Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 3(1), 61–69. https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jipd/article/view/214

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penerbit Deepublish.

Rizky, N. F., Gusrayani, D., & Sujana, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 251–260. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v11i2.8876

Santhi, F. F., & Istirohah, I. (2020). Problem Based Learning dan Kaitannya dengan Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA SD. Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 2, 266–273. http://eproceedings.umpwr.ac.id/index.php/semnaspgsd/article/download/1391/1208

Utami, S. H. A., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Sains pada Siswa Sekolah Dasar Ditinjau dari Aspek Konten, Proses, dan Konteks Sains. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 2(10), 380–390. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23802

Widiyanti, I. S. R., & Muryantiningsih, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Kelas V SDN Sidorejo 1 Tuban melalui Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL). Jurnal Teladan, 3(1), 41–50. http://journal.unirow.ac.id/index.php/teladan/article/view/33

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://core.ac.uk/download/pdf/228882834.pdf

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Vina Febriana, Hamid, R., Amiruddin B., & Hikmawati. (2023). MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS V SDN SATU ATAP 9 KONAWE SELATAN. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 138–147. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.16