ANALISIS TAHAPAN KESALAHAN SISWA DALAM MENJAWAB SOAL-SOAL MATEMATIKA MELALUI PROSEDUR NEWMAN DI KELAS IV SDN LANGGOMEA
Keywords:
Tahapan kesalahan, keliling dan luas persegi, persegi panjangAbstract
Untuk memahami fase-fase kesalahan yang sering terjadi pada siswa kelas IV yang mengerjakan soal naratif pada materi menghitung keliling dan luas persegi dan persegi panjang di SDN Langgomea, dilakukan penelitian kualitatif. Tes dan wawancara digunakan sebagai strategi pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis dan pembahasan masing-masing indikator, dapat disimpulkan bahwa kesalahan siswa pada setiap tahapan prosedur Newman, meliputi tahapan membaca soal, memahami soal, transformasi masalah, keterampilan proses, dan menulis jawaban akhir, masih cukup sering terjadi ketika mengerjakan soal tentang keliling dan luas persegi dan persegi panjang
Downloads
References
Agustian, Y., Rusdi.,& Susanta, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pokok Bahasan Fungsi Komposisi Kelas X Sma Negeri 7 Kota. Jurnal Penelitian Pembelajaran, 4(2), 194–202. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.2.194-202
Amalia, S. R. (2017). Analisis Kesalahan Berdasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Gaya Kognitif Mahasiswa. AKSIOMA, 8(1), 17. https://doi.org/10.26877/aks.v8i1.1505
Baderiah. (2018). Buku Ajar Kurikulum. Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.
Dwirahayu, G., & Nursida, N. (2017). Mengembangkan Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Permainan Untuk Siswa Kelas 1 Mi. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.33387/dpi.v5i2.177
Gunawan, A. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD, 9(2), 216–225. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.216-225
Hariyani, S., Ningsih, N., & Fayeldi, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 187–200. https://doi.org/10.30738/union.v7i2.3715
Jayantini, N. L. K. R., Suma, K., & Sarini, P. (2020). Identifikasi Konsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Blahbatuh pada Topik Tekanan Zat dan Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari. JPPSI: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia, 3(1). https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i1.24621
Musdalifah Asis1, Nurdin Arsyad2, A. (2019). Profil Kemampuan Spasial Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Siswa Yang Memiliki Kecerdasan Logis Matematis Tinggi Ditinjau Dari Perbedaan Gender (Studi Kasus di kelas XI SMAN 17 Makassar). Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.26858/jds.v3i1.1320
Muzri, M. D., Sumarna, N., & Hamid, R. (2021). Pengaruh Metode Penugasan Berbasis Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 1 Jaya Bakti Mirna. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 68–78. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd
Rismawati, M., & Asnayani, M. (2019). Analisis Kesalahan Konsep Siswa Kelas Iv Dalam Menyelesaikan Soal Ulangan Matematika Dengan Metode Newman. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 69–78. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v1i2.495
Rosmiati, F., & Maya, R. (2021). Penggunaan Tahapan Newman Untuk Menganalisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1365–1374. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1365-1374
Siagian, M. D. (2017). Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. NIZHAMIYAH: Jurnal Pendidikan Islam Dan Teknologi Pendidikan, VII(2), 61–73. http://dx.doi.org/10.30821/niz.v7i2.188
Suratih, & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Newman’s Error Analysis. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2)(2020), 111–123. https://doi.org/10.21831/pg.v15i2.30990
Syahruddin. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Bilangan Bulat pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 21 Makassar [Universitas Negeri Makassar]. In World Development (Vol. 1, Issue 1). http://dx.doi.org/10.1016/j.adolescence.2017.01.003
Uddin. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Dalam Pengelolaan Kelas Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi C Sdn 01 Poasia. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(3), 109.
Yuyun, M. W. O., Lisnawati, R., Sakka, H., & Safiun, A. L. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vc SD Negeri 19 Kendari Pada Tema 6 Panas dan Perpindahannya. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(1), 94–103. https://doi.org/10.36709/jipsd.v3i2.23563