MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS IV

Authors

  • Helfianti Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M. Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.51

Keywords:

medel pembelajaran, think pair share (TPS), keterampilan membaca puisi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan membaca puisi siswa masih rendah dan masih banyak yang belum mencapai KKM yang ditentukan Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV pada pembelajaran Bahasa Indonesia melalui model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada siswa kelas IV SD Negeri 45 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 45 Kendari yang berjumlah 15 orang. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan keterampilan membaca puisi pada siklus I dengan persentase ketuntasan mencapai 46,67%, dengan nilai rata-rata 66. Pada siklus II persentase kentuntasan siswa mencapai 86,67%, dengan nilai rata-rata 77,2. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan membaca puisi siswa kelas IV pada tema 6 Cita-Citaku subtema 3 Giat Berusaha Meraih Cita-Cita, di SD Negeri 45 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansyah, F., & Yanti, P. G. (2020). Keterampilan membaca puisi siswa sebuah modifikasi teknik membaca puisi Jose Rizal Manua. Bahastra, 40(1), 29. https://doi.org/10.26555/bahastra.v40i1.15286.

Akrom, M. A., Suwignyo, H., & Hasanah, M. (2017, May). Model Think Pair Share Untuk Pembelajaran Membacakan Puisi Anak. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 813-817). https://core.ac.uk/download/pdf/267023792.pdf

Anggraini, U., Luthfi, A., & Rizal, M. S. (2021). Pengaruh Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (Pq4R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 2(2), 17–27.

https://doi.org/10.3100/jote.v2i2.1284

Istigfara, T. A. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Cerpen. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 8(1), 17. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018.

Kusuma, F. W., & Aisyah, M. N. (2012). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe think pair share untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Wonosari tahun ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.912

Ni'mah, A., & Dwijananti, P. (2014). Penerapan model pembelajaran think pair share (TPS) dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas VIII MTs. Nahdlatul Muslimin Kudus. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2). https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3593

Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.

Relawati. (2020). Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Model Think Pair Share (TPS) Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Margasari 06 Semester II Tahun 2018/2019. Dialektika FKIP, 4(2), 103– 112. https://doi.org/10.58436/dfkip.v4i2.647

Syuroyah, D., Nuralizza, T., Yuliani Sabillah, T., & Dewi Kurnia, M. (2022). Kendala Membaca Puisi dan Strategi Model Cooperative Script. Action Research Literate, 6(1), 14–19. https://doi.org/10.46799/arl.v6i1.92.

Wahyudin, U. R. (2020). Manajemen Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional). Deepublish.

Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1-8. https://doi.org/10.26877/aks.v8i2.1876

Wijaya, H. (2021). Pembelajaran Think Pair Share Berbasis Pendidikan Karakter https://doi.org/10.31219/osf.io/xn4dw.

Wiranty, W. (2017). Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membaca Puisi. Jurnal Edukasi, 15(2), 284–

https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1331

Wulandari, T., Rukayah, & Poerwanti, J. I. S. (2019). Peningkatan Keterampilan Membaca Puisi Melalui Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative script Pada Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Dwija Indria, 7(2).

https://jurnal.uns.ac.id/JDDI/article/view/32060.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Helfianti, La Rabani, & Mansyur M. (2024). MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PUISI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) SISWA KELAS IV. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 248–261. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.51