PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVb

Authors

  • Azzahra Alfika Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.50

Keywords:

penerapan, model pembelajaran quantum teaching, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menigkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Quantum Teaching kelas IVb SD Negeri 51 Kendari. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IVb Kendari, siswa laki-laki 16 orang dan siswa perempuan 13 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui lembar observasi dan data kuantitatif melalui hasil tes belajar siswa. Berdasarkan analisis data hasil belajar siswa diperoleh, pada siklus I terdapat 20 siswa yang tuntas atau telah mencapai KKM ≥ 70 dengan persentase ketuntasan 68,97% dan terdapat 9 siswa atau 31,03% tidak tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 70,17. Sedangkan pada siklus II terdapat 26 siswa yang tuntas atau telah mencapai KKM ≥ 70 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,66%% dan terdapat 3 siswa atau 10,34% yang tidak tuntas, dengan nilai rata-rata sebesar 77,41. Sehingga dapat disimpulan bahwa penerapan model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas IV SD Negeri 51 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, A., Siregar, A., & Umam, R. (2018). The effect of feedback as soft scaffolding on ongoing assessment toward the quantum physics concept mastery of the prospective physics teachers. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 41–47. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.7239

Cahyaningrum, A. D., AD, Y., & Asyhari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Terhadap Hasil Belajar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 372–379. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4363

DePorter, B., Reardon, M., & Singer-Nourie, S. (2010). Quantum teaching: mempraktikkan quantum learning di ruang-ruang kelas. Kaifa.

Handayani, R. D., & Yanti, Y. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa di Kelas Handayani, Riska Dewi, and Yuli Yanti. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Pkn Siswa DI Kelas IV MI Terpadu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 107–123. https://doi.org/10.33627/ge.v2i2.23

Hasbullah, H. (2017). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan Edisi revisi. Rajawali Pers.

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma, 2(3).

Kastining, Ni Wayan Sri. "Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Inside Outside Circle (IOC) untuk Meningkatkan Hasi Belajar Siswa." Journal of Classroom Action Research 1.2 (2019): 84-88. https://doi.org/10.29303/jcar.v1i2.312

Khairani, A. L., & Ismah, I. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Diintegrasikan Dengan Kartu Tangram Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(1), 9. https://doi.org/10.24853/fbc.2.1.9-22

Sari Astiti, N. N., Lasmawan, I. W., & Akhmad Haris, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Quantum Teaching Terhadap Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas Vii. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 1(2), 55–65. https://doi.org/10.23887/pips.v1i2.2825

Sigalingging, R., Sofia Tanjung, D., & Lumban Gaol, R. (2021). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 11(3), 219–225. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27689

Suharsimi, A., & Suhardjono, S. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Tarwani, A., & Herdiana, D. (2021). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar The Effect Of The Application Of Quantum Teaching Learning On The Learning Outcomes Of Pancasila Education And Citizen. Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 122–141. https://doi.org/10.17509/jpp.v21i2.33258

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Azzahra Alfika, Rusmin, L., & Arihi, L. O. S. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS IVb. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 237–247. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.50