PENGGUNAAN MEDIA PHET SIMULATIONS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK BENDA DI KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.49Keywords:
media PheT simulation, hasil belajarAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini ialah model pembelajaran IPA masih konvensional, penggunaan media pembelajaran yang tidak relevan dengan materi ajar, kurangnya penggunaan media pembelajaran membuat siswa merasa jenuh dan kurang memahami materi sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan media pembelajaran PhET Simulations dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya dan Gerak Benda di Kelas IV SDN Bira Kabupaten Wakatobi. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa, yaitu 23 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan orang 13 siswa perempuan. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 (dua) siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes lalu dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar siswa secara klasikal dengan presentase 56,25 % dan pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Sehingga telah mencapai indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu 80%. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran PhET Simulations dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Gaya dan Gerak Benda di Kelas IV SDN Bira Kabupaten Wakatobi.
Downloads
References
Amyani, E. S., Ansori, I., & Irawati, S. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 15–20.
https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.15-20
Arifin, M. M., Prastowo, S. B., & Harijanto, A. (2022). Efektivitas penggunaan simulasi phet dalam pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 11(1), 16-27.
https://doi.org/10.19184/jpf.v11i1.30612
Deviana, M., Subekti, E. E., & Kuswandari, K. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA pada Pembelajaran Tema 9 Melalui Model Discovery Learning Berbantuan Media Powerpoint bagi Siswa Kelas V SDN 2 Tanggung. Jurnal Paedagogy, 8(3), 345.
https://doi.org/10.33394/jp.v8i3.3891
Fitriyati, I., & Prastowo, A. (2022). Pembelajaran Daring Menggunakan Phet Simulations Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1041.
https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1120
Fujiyanto, A., Jayadinata, A. K., & Kurnia, D. (2016). Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Hubungan Antarmakhluk Hidup. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 841–850.
https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/3576
Hikma, N., Ili, L., & Amiruddin, B. (2023). Pengaruh Penggunaan Media PhET Simulation Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 5(1), 19-28.
http://jipsd.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/5
Handini, D., Gusrayani, D., & Panjaitan, R. L. (2016). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV pada Materi Gaya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 451–460.
https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/2974
Muzana, S. R., Lubis, S. P. W., & Wirda. (2021). Penggunaan Simulasi PhET terhadap Efektivitas Belajar IPA. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(1), 227–236.
http://jurnal.abulyatama.ac.id/index.php/dedikasi
Nisa, A. F., Muammar, M., Rahayu, M. S., Astuti, Y., & Purwati, P. (2021). Pengaruh Model Belajar Blended Learning menggunakan Phet Simulation terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. El Midad, 13(2), 66-75.
https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4337
Pendidikan, K., Multikultural, I., Pandangan, D., Abdurrahman, K. H., Huda, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Penggunaan Media PhET untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa pada Materi Energi dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 148–156.
https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/3815
Pujiningsih, A. L. M., Gunawan, A., & Adi, Y. K. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Berbantuan Phet Simulations terhadap Hasil Belajar Siswa. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 6(1), 1–16.
https://www.e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/article/view/311
Rukmana, N. I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Phet Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Di SDN 11 Banda
https://repository.bbg.ac.id/handle/937
Saputra, R., Susilawati, S., & Verawati, N. N. S. P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Simulasi Phet (Physics Education Technology) Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 110–115.
https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1459
Sari Prastiwi. (2018). Kelas / Semester Tema Subtema Pembelajaran Ke : 8 . Daerah Tempat Tinggalku : 2 . Keunikan Daerah Tempat Tinggalku Disusun oleh : Sari Dewi Prastiwi Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
https://ppg.fkip.uns.ac.id/wpcontent/uploads/2018/04/KelasIV_19_Sari-Dewi Prastiwi_T8_ST2_P2.pdf
Sulistiawati, A., & Prastowo, A. (2021). Pendas: Primary Education Journal. Penggunaan PhET Sebagai Media Interaktif Pembelajaran IPA Pada Kelas IV Sekolah Dasar, 2(2), 138–147.
https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/476