MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV

Authors

  • Fitria Ramadani Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo
  • Izlan Sentryo Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.48

Keywords:

metode drill, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajarrsiswa pada mata pelajaranmMatematika pada materi Pecahan senilai dan campuran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas IV SD N 88 Kendari berjumlah 27 siswa yaitu 12 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Metode untuk mengumpulkan data yaitu observasi, tes danndokumentasi. Teknik analisis data yaitu deskitif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus pembelajaran, yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Langkah-langkah dalam proses penelitian meliputi perencanaan (planning), pelaksanaan (doing), pengamatan (observing) dan evaluasi (evaluating), dan refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari metode drill dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini juga dapat dilihat dari hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I bahwa pertemuan 1 dilaksanakan sebesar 86,36% dan pertemuan 2 dilaksanakan sebesar 90,90%, sedangkannsiklus II pertemuan 1 dilaksanakan sebesar 93,18% dan pertemuan kedua dilaksanakan sebesar 95,45%, dan hasil belajar siklus pertama persentase yang dilaksanakan sebesar 87,5% dan pertemuan kedua sebesar 91,07%, sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 96,42% dan pertemuan kedua dilaksanakan sebesar 98,21%. Pada siklus kedua, 22 dari 27 siswa telah menyelesaikan studinya secara konvensional, dengan nilai rata-rata 83,18 dan tingkat ketuntasan 81,48%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Erny Susilowati & Sigit Santoso, 2013. (2013). Pengunaan metode pembelajaran. 1(3), 1–11.

Hayati, N., & Marliani, N. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Metode Drill. JOURNAL of Mathematics Science And Education, 1(1), 87–101. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.143

Herawati, Ar-Raniry, U., & Aceh, B. (2020). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/view/4515

Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (2010). Dr. Rahmat Hidayat, MA Dr. Abdillah, S.Ag, M.Pd.

Khuzaini, N. (2020). Evaluasi Hasil Dan Proses.

Kristanto, I. (2017). Aktivitas Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Jasmani di SMA Negeri Se-Kabupaten Kebumen Jawa Tengah. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(11), 1–9.

Lesmana, F., Kusman, M., & Karo Karo, U. (2014). Metode Latihan (Drill) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Menggambar Autocad1. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(2), 246–254.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8. https://doi.org/10.24853/fbc.2.2.8-18

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Ropii, M., & Fahrurrozi, M. (2018). Evaluasi Hasil Belajar.

Santoso, H. B., & Subagyo. (2017). Peningkatan Aktifitas Dan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Basic Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Tune Up Motor Bensin Siswa Kelas Xi Di Smk Insan Cendekia Turi Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Taman Vokasi, 5(1), 40–45.

Sari, N., & Maryatun, M. (2016). Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Kelas X Semester Genap Smk Negeri 1 Metro Tahun Pelajaran 2015/2016. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 4(2), 69–77. https://doi.org/10.24127/ja.v4i2.642

Savira, S., Sutisna, I., & Hardiyanti, W. E. (2020). Aktivitas Pembelajaran Guru di dalam Kelas strategi yang dapat membuat peserta didik nyaman dalam mengikuti proses. 43–57.

Suardiana, I. M. (2021). Metode Drill untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas IV SD. 5(4), 542–547.

Wahyuni, N. (2013). Penggunaan metode drill dalam pembelajaran matematika. 02, 399–406.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Fitria Ramadani, Muhammad Yasin, & Izlan Sentryo. (2024). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL DI KELAS IV. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 215–224. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.48