PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.47Keywords:
problem based learning, hasil belajarAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS dikarenakan siswa mudah bosan dan ingin cepat pulang akibat dari Covid-19 lalu, model pembelajaran yang digunakan guru tidak bervariasi, siswa yang kurang aktif saat pembelajaran, dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data kuantitatif diperoleh dari tes di setiap akhir siklus tindakan sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikal 36% dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 58,4. Kemudian, mengalami peningkatkan pada siklus II, yaitu persentase ketuntasan klasikal 84% dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 78. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 16 Mengkendek.
Downloads
References
Agus & Irwan. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6963-6972. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7455
Ariandi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 579-585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561
Ariyani & Bekti. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 353-361. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/36230
Eismawati, E., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Fatimah, S. N., & Mahmudi, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(3), 294-302. https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.27288
Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021
Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Ibadullah M, D. T. (2016). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika.
Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/10.58230/27454312.73
Nabillah & Agung. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf
Octavia & Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Ratnawati, E. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2(1). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v2i1.635
Suarni & Dewa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 206-214. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997
Downloads
Published
Versions
- 2024-08-13 (2)
- 2024-04-30 (1)