PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V

Authors

  • Cindya Putri Paembonan Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • Sarnely Uge Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.47

Keywords:

problem based learning, hasil belajar

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPS dikarenakan siswa mudah bosan dan ingin cepat pulang akibat dari Covid-19 lalu, model pembelajaran yang digunakan guru tidak bervariasi, siswa yang kurang aktif saat pembelajaran, dan pembelajaran hanya berpusat pada guru. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 25 orang siswa. Penelitian ini menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data kuantitatif diperoleh dari tes di setiap akhir siklus tindakan sedangkan data kualitatif diperoleh dari lembar observasi. Analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil siklus I menunjukkan persentase ketuntasan klasikal 36% dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 58,4. Kemudian, mengalami peningkatkan pada siklus II, yaitu persentase ketuntasan klasikal 84% dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 78. Sehingga, dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 16 Mengkendek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus & Irwan. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6963-6972. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/7455

Ariandi, Y. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran PBL. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 579-585. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561

Ariyani & Bekti. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 353-361. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/view/36230

Eismawati, E., & Radia, E. H. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(2), 71-78. https://doi.org/10.26486/jm.v3i2.694

Fatimah, S. N., & Mahmudi, K. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Panas dan Perpindahannya Kelas V SD. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 9(3), 294-302. https://doi.org/10.19184/jipsd.v9i3.27288

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61-66. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

Helmiati. (2012). Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Ibadullah M, D. T. (2016). Pembelajaran Tematik Integratif di Sekolah Dasar. Jawa Timur: CV. Ae Media Grafika.

Ilham, D. (2019). Menggagas Pendidikan Nilai dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Kependidikan, 8(3), 109–122. https://doi.org/10.58230/27454312.73

Nabillah & Agung. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Sesiomadika. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 1(1), 128-135. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3264

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://pdfs.semanticscholar.org/9642/924d69e47d2aaaa01c9884a402c34a7bf13f.pdf

Octavia & Shilphy A. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ratnawati, E. (2016). Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 2(1). http://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v2i1.635

Suarni & Dewa. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 206-214. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11997

Downloads

Published

2024-04-30 — Updated on 2024-08-13

Versions

How to Cite

Cindya Putri Paembonan, Muhamad Abas, & Sarnely Uge. (2024). PENEREPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 205–214. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.47 (Original work published April 30, 2024)