PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V

Authors

  • Dilla Herliana Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Suardika Universitas Halu Oleo
  • Alimulya Rende Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.45

Keywords:

problem based learning, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 4 Wolasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran IPS di kelas V SDN 4 Wolasi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang meliputi tahapan (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan Tindakan, (3) Observasi dan (4) Refleksi. Subjek penelitian  ini adalah guru dan 20 siswa kelas V SDN 4 Wolasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, dokumentasi dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data kualitatif akan dianalisis secara deskriptif kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data kuantitatif dianalisis secara deskriptif kuantitatif yang diperoleh melalui tes kemampuan berpikir kritis disetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 73,21% menjadi 90,17% di siklus II, (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68,74% meningkat menjadi 85,71% di siklus II, dan (3) Kemampuan berpikir kritis siswa mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 68,66% menjadi 83,33% di siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amalia, A., Rini, C. P., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V dalam Pembelajaran IPA di SDN Karang Tengah 11 Kota Tangerang. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(1), 33–44. DOI: https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Amin, S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Geografi. JPG (Jurnal Pendidikan Geografi), 4(3), 25–36. DOI: https://doi.org/10.20961/bioedukasi-uns.v12i1.27354

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. DOI: https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727

Arif, D. S., Zaenuri, & Cahyono, A. N. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Pada Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Pembelajaran Interaktif dan Google Classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES, 3(1), 323–328.

Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(1), 23–32. DOI: https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32

Az’hariani, T. (2018). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPS melalui Penerapan Pendekatan Problem Based Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Bendungan Hilir 01 Pagi Jakarta Pusat. Skripsi. Universitas Negeri Jakarta.

Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Dewi, C., & Rohmanurmeta, F. Z. (2019). Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) di Sekolah Dasar. Madiun: UNIPMA PRESS.

Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 1–14. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25317

Huda, A. I. N., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1547–1554. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.973

Khakim, N., Santi, N. M., US, A. B., Putri, E., & Fauzi, A. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PPKn di SMP YAKPI 1 DKI Jaya. Jurnal Citizenship Virtues, 2(2), 347–358.

Marudut, M. R. H., Bachtiar, I. G., Kadir, K., & Iasha, V. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran IPA melalui Pendekatan Keterampilan Proses. Jurnal Basicedu, 4(3), 577–585. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.401

Masrinah, E. N., Aripin, I., & Gaffar, A. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA 1 Maja. PEDAGOGI BIOLOGI, 1(01), 26–34. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v2i2.1506

Ni’mah, N. (2022). Analisis Indikator Berpikir Kritis Terhadap Karakter Rasa Ingin Tahu dalam Kurikulum 2013. Anterior Jurnal, 22(1), 118–125. DOI: https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.3220

Parasamya, C. E., Wahyuni, A., & Hamid, A. (2017). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 42–49.

Puryanto, R. A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Ilmu Pengetahuan Sosial Berbasis Problem Solving. BASIC EDUCATION, 7(23), 2–235.

Rahayu, R., & Ismawati, R. (2019). Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Materi Pencemaran Lingkungan Sebagai Upaya Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMK. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 2(2), 221-226. DOI: https://doi.org/10.31002/nse.v2i2.706

Safitri, M., Yunnita, & Idrus, I. (2018). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi, 2(1), 103–112.

Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah [Improving Students’ Critical Thinking Skills and Problem Solving Abilities Through Problem Based-Learning]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 108. DOI: https://doi.org/110.19166/johme.v2i2.1331

Nugraha, W. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep IPA Siswa SD dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2),115-127. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v10i2.11907

Syafira, L., Kartikowati, R. S., & Rizka, M. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IX MTs Negeri 3 Bengkalis. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(6), 1942–1948. DOI: https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.8479

Yunita, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Downloads

Published

2024-04-30

How to Cite

Dilla Herliana, Suardika, I. K. S., & Rende, A. (2024). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS V. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 181–192. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.45