PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JIMAT BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR

Authors

  • Waode Sitti Fatimah Universitas Halu Oleo
  • Nana Sumarna Universitas Halu Oleo
  • Yoo Eka Yana Kansil Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.44

Keywords:

media pembelajaran, articulate storyline, jimat matematika

Abstract

: Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan akan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa. Tujuan penelitian adalah mengembangkan, menilai kelayakan, dan kepraktisan produk media pembelajaran JIMAT berbasis Articulate Storyline pada materi bangun ruang. penelitian ini menggunakan jenis dan desain Research and Development dengan model ADDIE. subjek penelitian terdiri dari 10 siswa dan guru kelas V. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penilaian oleh ahli media menunjukkan persentase 89,58% dengan kriteria sangat layak, sementara ahli materi memperoleh persentase 82,5% dengan kriteria sangat layak. Selain itu, angket respon dari guru mendapat persentase 96,42% dengan kriteria sangat praktis dan angket respon dari siswa mendapat persentase 90,71% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran JIMAT berbasis Articulate Storyline valid, praktis, dan dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi bangun ruang di kelas V Sekolah Dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arina, D., Mujiwati, E. S., & Kurnia, I. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Untuk Pebelajaran Volume Bangun Ruang Di Kelas V Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 168–175. https://doi.org/10.37478/jpm.v1i2.615

Awalia, I., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif, 10(1), 49–56. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Ismi, I. N., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Bangun Datar Kelas IV SD Negeri 104 Pekanbaru. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4, 81–90. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/joes.v4i1.2261

Nurhafifah, Ratnawulan, & Fauzi, A. (2021). Practicality of the interactive multimedia development integrated science with inquiry based learning model of simple machine themes on human muscular and skeleton system integrated 21stcentury learning. Journal of Physics: Conference Series, 1876(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1876/1/012053

Sari, R. K., & Harjono, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Tematik Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(1), 122. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i1.33356

Saski, N. H., & Sudarwanto. (2021). Kelayakan Media Pembelajaran Market Learning Berbasis Digital Pada Mata Kuliah Strategi Pemasaran. Jurnal JPTN ( Pendidikan Tata Niaga, 9(1), 1118–1124. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/jptn.v9n1.p1118-1124

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan. Alfabeta, cv.

Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya. Pt Remaja Rosdakarya.

Widayati, S. (2020). Penerapan Metode Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Kelas Vi Di Uptd Sd Negeri Tanjung Jati 2 Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Jpp, 35–50. https://jurnal.alhamidiyah.ac.id/index.php/JPP/article/view/78

Wulandaningrum, E. A. (2021). Pengembangan Media Tiga Dimensi Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Siswa Kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 5(2), 327.

Yulianti, F., Sutisnawati, A., & Uswatun, D. A. (2021). Pengembangan Media Ludo Math Game Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung. Jurnal Pendidikan Dasar, 11. https://doi.org/doi.org/10.21009/JPD.011.21

Downloads

Published

2024-04-30 — Updated on 2024-08-19

Versions

How to Cite

Waode Sitti Fatimah, Nana Sumarna, Kansil, Y. E. Y., & Mustari, F. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JIMAT BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SEKOLAH DASAR. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(3), 171–180. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i3.44 (Original work published April 30, 2024)