PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.41Keywords:
Model Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kelilling dan Bangun DatarAbstract
Melalui penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas IV SD Negeri 5 Landono, penelitian ini berusaha untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat. Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah jenis penelitian ini. Penelitian ini dilakukan hingga dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Data kuantitatif akan dievaluasi secara kuantitatif berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa pada akhir setiap siklus tindakan, sedangkan data kualitatif akan dinilai secara deskriptif kualitatif melalui hasil observasi yang dikumpulkan. Berdasarkan hasil penelitian, siklus I menghasilkan nilai rata-rata 54,66%, sedangkan siklus II menghasilkan nilai rata-rata 83,55%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan keterlibatan siswa, keterlibatan guru, dan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas IV SD Negeri 5 Landono.
Downloads
References
Juliawan, G. A., Mahadewi, L. P. P., & Rati, N. W. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Iii. E-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 2–4. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10881
Pilka, W. H., & Ahmad, S. (2020). Problem Based Learning Sebagai Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1347-1360. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.601
Windi Harneva Pilka, S. A. (2020). Problem Based Learning Sebagai Model untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1349. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.601
Arikunto, S.Dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Aprianto, M. A., Rosmaiyadi, & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Journal Of Educational Review And Research, 1(2), 112. https://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1678
Rusdian Rifa’i, Deni Pratidiana, & S. D. A. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 5(1), 111. http://dx.doi.org/10.30998/jkpm.v5i1.5179
Oktafrianto, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Media Realia Pada Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(3). https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438
Ajat Sudrajat, E. H. (2020). Model-Model Pembelajaran. Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan Kementerian Agama RI Tahun 2020.
Hilda Nurjanah, N. J. (2020). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Brain Based Learning. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 2(1), 90. https://doi.org/10.37058/jarme.v2i1.789
Gunantara, G., Suarjana, M., & Riastini, P. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.2058
Supraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Litbang Sukowati, 2(2), 48–59. https://doi.org/10.32630/sukowati.v2i2.37
Riska Alfianita, S. A. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pelajaran Matematika pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4387–4388. https://doi.org/10.31316/jk.v6i2.3735
Riski Tri Widyastuti, G. S. A. (2021). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU, 5(3), 1121. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.896