PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIISD NEGERI DESA TEREBINO KECAMATAN MENUI KEPULAUAN KABUPATEN MOROWALI

Authors

  • Ismail Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo

Keywords:

Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas III SD Negeri Desa Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali”. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen semu dengan metode penelitian Ex Post Facto. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III dan guru SD Negeri Desa Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara, dokumentasi dan hasil belajar IPS siswa. Uji instrumen peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji hipotesis One Sample T Test dengan nilai sig = 0,000. Karena sih = 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak atau H1 diterima yang berarti bahwa terdapat pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar IPS siswa Kelas III SD Negeri Terebino Kecamatan Menui Kepulauan Kabupaten Morowali dengan taraf kepercayaan 5%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andeni, M., Hermita, N., & Zufriady. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Gugus Inti I Kecamatan Kunto Darussalam Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3, 219.

Embo, E. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Makassar. Universitas Negeri Makassar.

Hilmi, M. Z. (2017). Implementasi Pendidikan Ips Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 3(2), 164. https://doi.org/10.58258/jime.v3i2.198

Hidayatullah, A. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar Dan Manajemen Kelas terhadap Hasil Belajar Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1451–1459. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.620

Iswahyuni. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar IPS SIswa SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Universitas Negeri Makassar

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 57–75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992.

Ayu, D. N., Endah, L. T., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.

Pratama, F., Firman, & Neviyarni. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar IPA Siswa Terhadap Hasil Belajar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 280–286. https://edukatif.org/index.php/edukatif/index%0APENGARUH.

Romadhoni, E., Wiharna, O., & Mubarak, I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 228–234.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula, Bandung: Rineka Cipta.

Sa’diyyah, H. (2022). Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif terstruktur tipe jigsaw terhadap hasil belajar siswa Kelas 8 di SMPN 1 Kepanjen. 1–120. http://etheses.uin-malang.ac.id/39115/.

Sugiasih, P. (2015). Pengaruh peran guru sebagai motivator terhadap motivasi belajar Ekonomi siswa SMA Se-kecamatan Seririt tahun pelajaran 2014/2015. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE), 5(1), 1–11.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ismail, Muhamad Abas, & Suardika, I. K. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IIISD NEGERI DESA TEREBINO KECAMATAN MENUI KEPULAUAN KABUPATEN MOROWALI . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 110–119. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/40