PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 88 KENDARI
Keywords:
Gambar seri, Keterampilan Menulis, NarasiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi dengan penggunaan media gambar seri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SD Negeri 88 Kendari. Data penelitian ini diperoleh dari tes, observasi guru, observasi siswa dan dokumentasi. Subjek penelitian ini siswa kelas IVa SD Negeri 88 Kendari yang berjumlah 32 orang yaitu 18 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus pembelajaran dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, (4) evaluasi, dan (5) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru siklus I pertemuan pertama sebesar 84,21% dan pertemuan kedua sebesar 89,74% sedangkan siklus II pertemuan pertama sebesar 94,73% dan pertemuan kedua sebesar 100%. Pada aktivitas siswa siklus I pertemuan pertama sebesar 77,77% dan pertemuan kedua sebesar 83,33% sedangkan pada siklus II pertemuan pertama sebesar 88,88 dan pertemuan kedua sebesar 94,44%. Kemudian ketuntasan klasikal siswa dalam keterampilan menulis karangan narasi pada siklus I dari 32 siswa terdapat 15 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 46,87% dengan nilai rata-rata 66,71. Sedangkan siklus II, terjadi peningkatan dari jumlah siswa 32 terdapat 27 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 84,37% dengan nilai rata-rata 75,93. Kesimpulan penelitian ini adalah penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV SD Negeri 88 Kendari
Downloads
References
Fitriany, F., & Maureen, I. Y. (2014). Pengembagan Media Gambar Seri Digital Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri kebondalem mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 02(02), 1–10. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jmpt/article/view/8812
Fuazi, I., & Sukidi, M. (2019). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa kelas III SDN Kerabon I Tulangan Sidoarjo. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 06(13), 2458–2467. http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/26477
Harefa, N. A. J., & Hayati, E. (2021). Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia dan Teknologi Informasi. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Muharipin. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Gambar Seri Pada Siswa Kelas III Semester 2 SDN 1 Wanasaba Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Linguistik, 2(2), 120–132. http://doi.org/10.26499/mab.v1i1.64
Muhyidin, A. (2017). Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan Bahasa Indonesia Di Kelas Awal. BAHTERA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 1–13.
Mz, A. F. S. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Seri Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas V Mi Muhammadiyah 1 Payaman. 3(1), 142–152. http://ejournal.stitpn.ac.id/index/php/bintang/article/view/1160
Putra, N. A. (2014). Penggunaan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN Moahino Kabupaten Morowali. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 2(4), 230–242. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/3989
Sasiningrum, M., Arafik, M., & Suprianti, D. (2021). Penggunaan media gmbar seri untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis narasi dikelas IV SD Negeri 4 Ngoro. Jurnal Imlu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 5(4), 1350–1353. http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v5i4.2563
Sugiharti, R. E., & Wulandari, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Va Dengan Menggunakan Media Gambar Seri Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sdit Ad-Damawiyah Cibitung. Jurnal Pedagogik, 5(2), 1–12. http://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/1212859
Suhartono. (2016). Pembelajaran Menulis Untuk Anak Disgrafia di Sekolah dasar. Transformatika, 12(1), 107–119.
Syahrum, & Wijaya, C. (2013). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Melejitkan Kemampuan Peneliti untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Guru. Medan: Citapustaka Media Perintis.
Wibowo, D. C., Sutani, P., & Fitrianingrum, E. (2020). Penggunaan Media Gambar Seri Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Studi ddan Pembelajaran, 3(1), 51–57. https://doi.org/10.30605/jsgp.3.1.2020.245
Winarto. (2016). Penelitian tindakan kelas. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.