PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Authors

  • Imran Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo
  • Yoo Eka Yana Kansil Universitas Halu Oleo
  • Iman Ashari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.39

Keywords:

Hasil Belajar, problem based learning

Abstract

Kasus yang ditemukan khususnya pada siswa kelas V adalah proses pembelajarannya belum berlangsung sebagaimana yang dikehendaki. Hal tersebut dikarenakan siswa belum terbiasa dengan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah ketika diberikan soal yang berbasis masalah. Kurangnya kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah soal cerita matematika mengakibatkan kualitas pembelajaran matematika masih rendah sampai saat ini. Salah satu materi yang menekankan penyelesaian masalah adalah cara menyelesaikan soal cerita materi FPB dan  KPK. Untuk meningkatkan akivitas mengajar guru pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning, meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning, dan meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi KPK dan FPB melalui model problem based learning. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Prosedur dalam penelitian ini meliputi (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (Observasi dan Evaluasi, (4) Refleksi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa (1) Aktivitas Mengajar Guru pada siklus 1 pertemuan 1 terlaksana 56,25 %,dan pada pertemuan 2 terlaksana 65,62 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 terlaksana 71.87% dan pada pertemuan 2 terlaksana 87,5 %. (2) Aktivitas belajar siswa pada siklus 1 terlaksana 66,7%. Sedangkan pada siklus II 80.92%. Berdasarkan data tersebut maka indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai, sehingga dapat disimpulkan bahwa Aktivitas mengajar guru, Aktivitas belajar siswa dan hasil Belajar siswa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran problem based learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman, Mulyono. 2010. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: RinekaCipta.

Amri, A. R. Al. 2016. “Development of Teaching Materials Using Interactive Multimedia Computer Based Learning.” ITEj (Information Technology Engineering Journals) (20).

Aminah, S. (2017). Penggunaan Model Active Learning Tipe Role Reversal Question pada Siswa SD Negeri 007 Sungai Kubu Rokan Hilir. Serambi PTK, 4(2), 20–28. http://jurnal.serambimekkah.ac.id/serambi-pserambimekkah.ac.id/serambi-ptk/article/download/583/534

Atiaturrahmaniah, Doni Septu Marsa Ibrahim, and Musabihatul Kudsiah. 2017. Pengembangan Pendidikan Matematika SD. edited by Fahrurrozi. Lombok Timur: Universitas Hamzanwadi Press.

Arikunto, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research-CAR). Jakarta: PT Bumi Aksara

Daryanto, (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Djamarah, Syaiful, B. & Anwar, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Indrawati, Desi. dkk. 2014. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Jurnal : Satya Widya, Vol. 30, No.1.

Kirkley, D. (2013). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah Untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 1980, 121–126.

Laia, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Deangan Topik Pelaku Ekonomi Dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Education And Development, 8(1), 285-285. Diakses http://journal.ipst.ac.id/index.php/ED/articel/view/1548/725

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, S. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (ke-2). Bumi Aksara.

Sutyono, I., Hamid, R., & Amiruddin. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Countrusivt Teaching Sequences (CTS) Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa di kelas V MI AL FATH KENDARI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 95–102. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v3i3.14403

Takwa. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Pokok Bahasan Bahasan Barisan dan Deret Kelas XI MAN 1 Makassar. https://doi.org/http://repositori.uin-alauddin.ac.id/

Wijoyo, Hadian,. Dkk. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Sumatra Barat: CV Insan Cendekia Mandiri

Wa Ambo, W. A., Yasin, M., & La Ili, L. I. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Penerapan Metode Discovery Learning Di Kelas Iii Sd Negeri 2 Barangka. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(1). https://doi.org/10.36709/jipsd.v1i1.5665

Wantika, Restu Ria, and Reni Tri Anggraini. 2019. “Berpikir Kritis Siswa Pada Permasalahan Matematika Dengan Literasi Matematis.” HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika 3(2):263. doi: 10.31100/histogram.v3i2.563.

Yasin, M. (2017). Hubungan Antara Motivasi Menjadi Guru Profesional, Sikap Profesional Dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar. Journal of Basication (JOB): Jurnal Pendidikan Dasar, 1(November), 28–36.

http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD/article/view/514

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Imran, Muhammad Yasin, Kansil, Y. E. Y., & Iman Ashari. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 147–157. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.39