PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V

Authors

  • Fita Nur Berlianti Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M. Universitas Halu Oleo
  • Mustika Kurniasari Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.38

Keywords:

Concept Sentence, Keterampilan Menulis, Narasi

Abstract

Pada bidang keterampilan menulis masih menunjukkan hasil yang kurang baik dan tergolong rendah jika dibandingkan dengan aspek kebahasaan lainnya. Tujuan penelitian ini meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui penerapan model pembelajaran concept stentence. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 97 Kendari yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus dalam penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Data kualitatif akan dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui observasi guru dan siswa dengan menggunakan lembar observasi. Sedangkan data kuantitatif akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif melalui tes yang diberikan pada akhir setiap siklus tindakan. Hasil analisis menunjukkan siklus I sebanyak 9 siswanya tuntas (50%), sedangkan sebanyak 9 siswanya tidak tuntas (50%). Rata-rata keterampilan menulis narasi siklus I adalah 69,17 sedangkan siklus II 15 siswanya (83,33%) tuntas. Sebanyak 3 siswa memperoleh persentase 17% dinyatakan belum tuntas di mana rata-ratanya 91,67. Berdasarkan hal tersebut, dapat dikatakan bahwa penerapan model Concept Sentence untuk keterampilan menulis narasi siswa Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita kelas V SDN 97 Kendari meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ain, N. Q. (2018). Pengaruh Model Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Sederhana Pada Siswa Kelas VI SDN Kerangkulon 1 Demak. Jurnal Sekolah (JS), 2(2), 76-84.

https://doi.org/10.24114/js.v2i2.9517

Fajriani, R., Djuanda, D., & Sudin, A. (2017). Meningkatkan Keterampilan Menulis Paragraf Melalui Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Dengan Permainan Detective Sherlock Holmes and the Adventure Book. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 161–170.

https://doi.org/10.23819/jpi.v2i1.9649

Hapsari, D. S., & Sutansi, A. M. (2018). Model Concept Sentence Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi. Wahana Sekolah Dasar (Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan), 13–20.

https://doi.org/10.17977/um035v26i12018p013

Hermawati, W., & Apriliana, A. C. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Aktivitas Siswa Dan Keterampilan Menulis Karangan Narasi. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 38–49. https://doi.org/10.23969/jp.v5i1.2862

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, J., & A. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Biologi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Di SMA Negeri 3 Padangsidimpun. PeTeKa (Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengembangan Pembelajaran), 2, 165–177.

http://dx.doi.org/10.31604/ptk.v3i1.34-40

M, M., & Tunda, A. (2022). Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Nusa Tenggara Barat: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Marliana, L. M., Phil, M., & Suhertuti. (2018). Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Putri, N. L. P., Ganing, N. N., & Sujana, I. W. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Concept Sentence Berbantuan Media Flash Card Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 221–229.

https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27243

Rahmani, A. N. (2016). Penerapan Model Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SD (Universitas Pendidikan Indonesia).

https://doi.org/repository.upi.edu

Riska, N. V., & Rahmawati, F. P. (2022). Desain Model Pembelajaran Kontekstual Berbasis Metode Concept Sentence dengan Media Foto Berseri dalam Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5827–5838.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3129

Susti. (2017). Problematika Pembelajaran Menulis Paragraf Narasi Pada Smp Negeri 4 Pasilambena Kabupaten Kepulauan Selayar. Muhammadiyah Makasa.

https://digilibadmin.unismuh.ac.id/upload/3986-Full_Text.pdf.

Waruwu, L. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Ulasan. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1), 167–173.

https://doi.org/https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.24

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Berlianti, F. N., La Rabani, Mansyur M., & Mustika Kurniasari. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI PADA SISWA KELAS V . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 158–170. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.38