ANALISIS DESKRIPTIF PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V

Authors

  • Ahmad Hayudin Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo
  • Sarnely Uge Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.37

Keywords:

Pelaksanaan, Keterampilan Dasar Mengajar, Guru SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran PKn dan upaya guru dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di kelas V SD Negeri 46 Kendari. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah dan Guru Kelas v yang mengajar mata pelajaran PKn. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data di peroleh dengan menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil Penelitian Menunjukan bahwa, pelaksanaan keterampilan dasar mengajar guru pada mata pelajaran PKn dan upaya guru dalam mengimplementasikan keterampilan dasar mengajar di kelas V memperoleh nilai rata-rata 80,4% dengan kategori sangat baik. Dengan rician keterampilan membuka dan menutup memperoleh nilai sebesar 73,8% dengan kategori baik, keterampilan menjelaskan memperoleh nilai sebesar 66,7% dengan kategori baik, keterampilan bertanya memperoleh nilai sebesar 83,3% dengan kategori sangat baik, keterampilan mengadakan variasi memperoleh nilai sebesar 75% dengan kategori baik, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik, keterampilan mengelola kelas memperoleh nilai 83,3% dengan kategori sangat baik, dan keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan memperoleh nilai sebesar 87,5% dengan kategori sangat baik. Secara garis besar dapat di simpulkan bahwa keterampilan yang dimiliki oleh guru dalam mengajar telah memadai untuk mendukung pembelajaran di kelas sehingga Siswa terlibat aktif dalam memecahkan permasalahan yang terkait dengan materi yang di ajarkan, mengungkapkan gagasanya dan menyimpulkanya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anatasya, E., Dewi, D. A., Indonesia, U. P., & Kunci, K. (2021). Mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan sebagai pendidikan karakter peserta didik sekolah dasar. 9(2), 291–304.

Andi & Jamaludin. (2022). Keterampilan Mengajar. PT. Pena Persada Kerta Utama.

Arifmiboy. (2019). Microteaching model tadaluring (T. W. Publish (ed.)). Wade Group.

Edie soegito. (2003). Penggunaan pertanyaan tingkat tinggi oleh guru dalam pembelajaran di smp negeri 4 banda aceh. Jurnal Ilmu Manajemen, 3(4), 325–333.

Helmiati. (2013). Micro Teaching melatih keterampilan dasar mengajar. Aswaja Pressindo.

Huda. (2013). Keterampilan Dasar Mengajar Guru Teori pembelajaran mikro teaching.

Irhamni. (2018). Pelaksanaan keterampilan mengajar guru kelas di sd negeri 16 banda aceh. 3, 62–70.

Istihana. (2015). Pengelolaan kelas di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2, 267–284.

Joni. (2022). Keterampilan mengajar kelompok kecil dan mengelolah kelas-PGPAUD.

Mansyur. (2017). Keterampilan Dasar Mengajar Dan Penguasaan Kompetensi Guru. Jurnal E-Ghiroh, XII(01), 130–147.

Nur Laili. (2018). Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru Dalam Perspektif Guru Pada Mahasiswa Prodi PGMI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruaan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Ilmiah PGMI, 4(1), 28–40.

Putriyanti, C. C., & Fensi, F. (2017). Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IX SMP Santa Maria Monica , Bekasi Timur. Jurnal Psibemetika, 10(2), 114–122.

SUMARLIANI, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tps ( Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Pada Tema Indahnya Negeriku Siswa Kelas Iv-A Sdn Tanah Kalikedinding Ii/252 Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(6), 859–869.

Ummi Hayati. (2017). Keterampilan guru dalam membuka dan menutup pelajaran. 1–11.

Wahyulestari. (2018). Seminar Nasional Pendidikan Era Revolusi “Membangun Sinergitas dalam Penguatan Pendidikan Karakter pada Era IR 4.0” Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia, 24 Maret 2018 ISSN : 2621-6477 Mengajar. 199–210.

Wenno, I. H. (2008). Evaluasi Keterampilan Mengajar Guru Ipa dalam Peningkatan’Profesionalisme dan Kualitas Pembelajaran di Kelas Izaak. 118–130.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Hayudin, A., Arihi, L. O. S., & Uge, S. (2023). ANALISIS DESKRIPTIF PELAKSANAAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS V . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 120–128. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.37