PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V

Authors

  • Ade Andini Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo
  • Hikmawati Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.36

Keywords:

Model Pembelajaran, Inkuiri, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS siswa tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 26 Kendari. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas V SDN 26 Kendari yang berjumlah 34 orang. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri pada siklus I diperoleh presentase ketuntasan secara klasikal sebesar 56% dengan nilai rata-rata 67,05 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase ketuntasan menjadi 85% dengan nilai rata-rata 80. Sehingga dapat dikatakan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada tema 9 benda-benda di sekitar kita kelas V SDN 26 Kendari.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, F. S., Karwur, H. M., & Rifani, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Geografi. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.53682/gjppg.v4i1.4396

Ester, K., Tampombebu, O. I., Mauru, L. A., Batseran, H., & Tambayong, J. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Gmim VI Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10421057

Fauzi, A., Khairatunnisa, Adella, T., & Fitri, R. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. 20, 1012–1021.

Firmansyah, D. H. (2019). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dengan Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata pelajaran IPS. 1, 339–345.

Hasanah, M. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Edukatif, 8(1), 27–37.

Horokubun, S., Rindengan, M., & Tompunu, R. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Inpres Kakaskasen Tiga. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 1 11. http://ejurnal mapalus unima.ac.id/index.php/eduprimary

Lindawati. (2019). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 59 Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia, 4(1), 51–66. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia

Meja, M. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. 6(7), 706–715.

Meli, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 2 Canggu. Journal of Education Action Research, 1(3), 220–229. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12686

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 84–88.

Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media CD Interaktif. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan Volume, 1(2), 22–29.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. UNIPMA Press.

Sahit. (2019). Peningkatan Hasil IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas V SDN 1 Sukaraja. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 84 91. https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp

Sukarman, Sunaryo, & Siahaan, B. Z. (2014). PF-46 : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 94 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 3, 151–155.

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran: Berbasis Teknologi Informasi. IAIN Parepare Nusantara Press.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Ade Andini, Rusmin, L., & Hikmawati. (2023). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 129–137. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i2.36