EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.32Keywords:
efektivitas, problem based learning, ilmu pengetahuan alam sosialAbstract
Kurikulum Merdeka 2022 menetapkan Modul Ajar sebagai perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh guru. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media konkrit. Pelaksanaan evaluasi berdasarkan tiga kriteria: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Lembar kerja peserta didik yang dibuat menarik sebagai petunjuk kegiatan belajar baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Pendekatan kualitatif-deskriptif digunakan untuk memberikan deskripsi efektivitas pembelajaran dengan matapelajaran IPAS di kelas 4 SD Muhammadiyah 7 Surabaya. Temuan penelitian menunjukkan peserta didik dapat mengidentifikasi bagian tubuh tumbuhan, menjelaskan fungsi tumbuhan dengan benar dan percaya diri, serta mampu mengaitkan bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan diri dan berkembang bika. Mampu menunjukkan sikap religious, tumbuh semangat nasionalisme, mampu bekerja sama dalam kelompok. Peserta didik juga berkesan dan senang dengan kegiatan pembelajaran tersebut. Hendaknya guru tidak enggan untuk menyusun perangkat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif.
Downloads
References
Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah . Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2714/pdf
Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(36). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5367
Rochmawati, F., Irianto, A., & Rosidah, C. T. (2020). Identifikasi Karakter Kerjasama pada Proses Pembelajaran dengan Menggunakan Model Problem based Learning (PBL). Jurnal Buana Pendidikan, 16(30s). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/2751/2288
Bungin, B. (2011). Penelitian Kualittaif:Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya (2nd ed.). Kencana.
Ngadiman, A., Maliki, Z., Hadi S, I., Susilo, A., Suryani, T., Sawitri, D., Handoko, R., Suroso, Fatimah S, S., Chamsijatin, L., & Nadeak, R. R. (2014). Modul Pelatihan Apllied Approach (AA). Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII.
Saam, Z., & Wahyuni, S. (2014). Psikologi Keperawatan. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran (12th ed.). Prenadamedia Group.
Sanjaya, W. (2017). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Kencana.
Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajagrafindo Persada.