EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

Authors

  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Achmad Zainuri Arif Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.32

Keywords:

efektivitas, problem based learning, ilmu pengetahuan alam sosial

Abstract

Kurikulum Merdeka 2022 menetapkan Modul Ajar sebagai perangkat pembelajaran yang harus disusun oleh guru. Sehubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran di sekolah dasar. Dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan media konkrit. Pelaksanaan evaluasi berdasarkan  tiga kriteria: pengetahuan, keterampilan dan sikap. Lembar kerja peserta didik yang dibuat menarik sebagai   petunjuk kegiatan belajar baik di dalam kelas ataupun di luar kelas. Pendekatan kualitatif-deskriptif  digunakan untuk memberikan deskripsi efektivitas pembelajaran dengan matapelajaran IPAS di kelas 4 SD Muhammadiyah 7 Surabaya. Temuan penelitian menunjukkan  peserta didik  dapat mengidentifikasi  bagian tubuh tumbuhan, menjelaskan fungsi tumbuhan dengan benar dan percaya diri, serta mampu mengaitkan   bagian tubuh dengan kebutuhan tumbuhan untuk mempertahankan diri dan berkembang bika. Mampu menunjukkan sikap religious, tumbuh semangat nasionalisme, mampu bekerja sama dalam kelompok. Peserta didik juga berkesan dan senang dengan kegiatan pembelajaran tersebut. Hendaknya guru tidak enggan untuk menyusun perangkat pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran yang inovatif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ariyani, B., & Kristin, F. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learninguntuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v5i3.36230

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah . Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2). https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/402

Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/2714/pdf

Rahmasari, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(36). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/5367

Rochmawati, F., Irianto, A., & Rosidah, C. T. (2020). Identifikasi Karakter Kerjasama pada Proses Pembelajaran dengan Menggunakan Model Problem based Learning (PBL). Jurnal Buana Pendidikan, 16(30s). https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_buana_pendidikan/article/view/2751/2288

Bungin, B. (2011). Penelitian Kualittaif:Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya (2nd ed.). Kencana.

Ngadiman, A., Maliki, Z., Hadi S, I., Susilo, A., Suryani, T., Sawitri, D., Handoko, R., Suroso, Fatimah S, S., Chamsijatin, L., & Nadeak, R. R. (2014). Modul Pelatihan Apllied Approach (AA). Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VII.

Saam, Z., & Wahyuni, S. (2014). Psikologi Keperawatan. Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, W. (2016). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pembelajaran (12th ed.). Prenadamedia Group.

Sanjaya, W. (2017). Perencanaan & Desain Sistem Pembelajaran (1st ed.). Kencana.

Sumantri, M. S. (2015). Strategi Pembelajaran: Teori dan praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Rajagrafindo Persada.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Martati, B., & Arif, A. Z. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BAGI PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 85–92. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.32