ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN KELAS VA SD NEGERI 1 WAWOTOBI
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.31Keywords:
oprasi pencacahan pecahan, kesulitan belajar siswa, faktor kesulitan siswaAbstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan kesulitan yang dialami oleh siswa kelas V SD Negeri 1 Wawotobi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan, dan (2) Mengidentifikasi faktor-faktor yang menghambat kemampuan siswa kelas V SD Negeri 1 Wawotobi dalam menyelesaikan soal operasi hitung pecahan. Penelitian ini mengikutsertakan 28 siswa kelas VA SD Negeri 1 Wawotobi sebagai subjeknya. .Penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini.Penulis menggunakan metode perhitungan persentase untuk analisis data.Temuan penelitian ini menjelaskan berbagai masalah dan faktor yang berkontribusi terhadap kesulitan siswa memecahkan operasi aritmatika pecahan.Ketika mengerjakan soal, siswa mengalami kesulitan sebagai berikut:1) Tidak dapat membentuk kalimat matematika dan melakukan rata-rata 24,1% operasi pecahan.2) kesulitan rata-rata 44,4% dalam operasi aritmatika3) kesulitan, yang rata-rata 31,5%, dengan bahan pendukung. Faktor pribadi siswa, materi faktor penguasaan konsep, dan faktor pendampingan guru menjadi penyebab kesulitan siswa.
Downloads
References
Akhiruddin, Sujarwo, Atmowardoyo, H., & H, N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Makassar: CV. Cahaya Bintang Cemerlang
Apriliana, R., Eka, E., & Wardana, M. Y. S. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Dilihat Dari Kemampuan Menyelesaikan Pemecahan Masalah Matematika Kelas IV Sd Negeri 2 Tlogotunggal Kabupaten Rembang. Inventa : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. V(1), 83–88. (https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a3486).
Fidayanti, M., Shodiqin, A., & Suyitno. (2020). Analisis Kesulitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 88–96. (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/24269/14707).
Andri., Dwi, C, W., & Yofa, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Kelas V Sd Negeri 25 Rajang Begantung Ii. J-PiMat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 231–241. https://doi.org/10.31932/j-pimat.v2i2.869
Marlina. (2019). Asesmen Kesulitan Belajar. Jakarta Timur: Prenadamedia Group.
Maryani, I., Laila, F., Vera, Y, E., Muhammad, N, W., & Ali, M. (2018). Model Intervensi Gangguan Kesulitan Belajar. Yogyakarta: K-Media
Nasiruudin, F. A. Z., & Hayati, H. (2019). Analisis Kesulitan Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pecahan Pada Siswa Sekolah Dasar Di Makassar. Klasikal : Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31. https://doi.org/10.52208/klasikal.v1i2.31
Pajarwati, A., Oyon, H, P., & Nana, G. (2019). Penggunaan Media Kartu Pecahan untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Membandingkan Pecahan. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 90-100. (https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/12686).
Salim., & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.
Suarjana, I. Md., Desak, P, P., Pt Elma, A, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144-155. Diakses pada 20 November 2021. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417.
Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 14–19. Diakses pada 20 November 2021 (https://journal.actual-insight.com/index.php/lucerna/article/view/120)
Unaenah, E. Alviani, S., Febi, R, V., Herlin, W, A., Nanda, D., Sagita, D. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(4), 247–261. Diakses pada 20 November 2021 (https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara/article/view/813)