MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK DI KELAS V SDN 29 KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.30Keywords:
penerapan, model pnemuan, aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa, hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja mengajar guru, hasil belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. kelas V SD Negeri 29 Kendari melalui model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus empat kali pertemuan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa (1) Aktivitas mengajar guru pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai 58,82%, pertemuan 2 mencapai 66,17%, pada siklus 2 pertemuan 1 mencapai 70,58%, pertemuan 2 menjadi 83,82% (2) Pelajaran siswa pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai 57,35% pertemuan 2 mencapai 66,17% dan siklus 2 pertemuan 1 mencapai 76,47% pertemuan 2 mencapai 94,12% (3) Hasil belajar siswa pada siklus I terdapat 7 dari 20 siswa yang berprestasi baik dengan nilai yang dicapai sebesar 35% dengan skor rata-rata 61,75% sedangkan pada siklus II terdapat 20 siswa dengan 15 siswa yang memenuhi syarat sangat baik atau 75% dengan nilai baik. poin rata-rata 78.