DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 LOWU-LOWU

Authors

  • Siska Saputri Universitas Halu Oleo
  • La Ode Kaimuddi Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo

Keywords:

Berpikir Kreatif, fleksibilitas, kelancaran, keaslian

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh siswa dan mempunyai peranan penting dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Penelitian ini bersifat deskripsi kualitatif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Lowu-lowu. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan memeriksa hasil tes tulis berdasarkan indikator kemampuan  berpikir kreatif  yang akan diukur dan melakukan wawancara. Teknik analisis data menggunakan empat kriteria yaitu credibility, transfermability, dependability dan konfirmability. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal matematika berada pada tingkat cukup kreatif. (2)  indikator yang diteliti dalam penelitian ini adalah fluency, flexsibility dan originality. (3) faktor yang mempengaruhi rendahnya kemampuan berpikir kreatif adalah  faktor lupa, jarang berlatih, guru jarang memberikan tugas, tidak berani mencoba hal yang baru

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

La Ode Kaimuddi, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Guru Seolah Dasar

La Ili, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 234–242. https://doi.org/10.53400/mimbar-sd.v2i2.1333

Atiaturrahmaniah, Ibrahim, D. S. M., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Universitas Hamzanwadi Press.

Dewi, W. I., & Harjono, N. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving dan Problem Based Learning (PBL) Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 05(03), 2678–2689. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.943

Herdani, P. D., & Ratu, N. (2018). Analisis Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Open 2 Ended Problem Pada Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 09–16. https://doi.org/10.29100/jp2m.v4i1.1776.

Jepri, I., Sinaga, B., & Syahputra, H. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika yang Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i3.22926

Kurniawati, N. (2018). Mengakses dan Memonitor Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas V Sekolah Dasar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal PRISMA, VII(1), 99–106. https://doi.org/10.35194/jp.v7i1.362

Marwiyah, S., Kamid, & Risnita. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Kreatif pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Materi Atom, Ion, dan Molekul SMP Islam Al Falah. Edu-Sains, 4(1), 26–31. https://doi.org/10.22437/jmpmipa.v4i1.2365

Moma, L. (2015). Pengembangan Instrumen Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis untuk Siswa SMP. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematik, 4(1), 27–41. http://dx.doi.org/10.33387/dpi.v4i1.142

Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104–111. https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824.

Nurlaela, L., Ismayati, E., Samani, M., Suparji, & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2019). Strategi Belajar Berpikir Kreatif (ke-3). Pustaka Media Guru.

Palah, S., Maulana, M., & Aeni, A. N. (2017). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Berstrategi M-RTE Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Materi Persegi Panjang. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1161–1170. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11265

Prawiyogi, A. G., Anggraeni, S. W., & Rahayu, T. G. (2020). Penerapan Model Creative Problem Solving (Cps) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 7–12. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.295

Sister, D., Syahputra, E., & Sinaga, B. (2018). Analisis Kesulitan Berpikir Kreatif Matematis Siswa pada Penerapan Model Problem-Based Learning (PBL). Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1–5. https://doi.org/10.24114/paradikma.v11i1.22882

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D (ke-19). Alfabeta,.

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Saputri, S., La Ode Kaimuddi, & La Ili. (2022). DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR DI KELAS IV SD NEGERI 2 LOWU-LOWU. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 23–33. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/3