PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV

Authors

  • April Yani Universitas Halu Oleo
  • La Ili Universitas Halu Oleo
  • La Ode Kaimuddin Universitas Halu Oleo
  • Facharuddin Mustari Universitas Halu Oleo

Keywords:

model problem based learning, pemahaman konsep, bangun datar

Abstract

Melalui penggunaan paradigma pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan pengetahuan konseptual siswa tentang materi bangun datar di kelas IV SDN 91 Kendari. Dua jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan kualitatif. Lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif, sedangkan ujian siklus digunakan untuk mengumpulkan data kualitatif. Berdasarkan laporan hasil belajar, 23 siswa pada siklus I telah mencapai KKM ≥ 70 dengan 100% siswa yang hadir, dan nilai rata-rata mereka adalah 90,43%. Pada Siklus II, terdapat 23 siswa yang telah menyelesaikan KKM ≥ 70 dengan ketuntasan 100%, tidak ada siswa yang belum tuntas, dan nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahari, F. S., Karwur, H. M., & Rifani, I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Geografi. GEOGRAPHIA: Jurnal Pendidikan Dan Penelitian Geografi, 4(1), 12–22. https://doi.org/10.53682/gjppg.v4i1.4396

Ester, K., Tampombebu, O. I., Mauru, L. A., Batseran, H., & Tambayong, J. R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SD Gmim VI Tomohon. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(20), 974–980. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10421057

Fauzi, A., Khairatunnisa, Adella, T., & Fitri, R. (2022). Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Aktivitas Belajar Siswa SMA pada Mata Pelajaran Biologi. 20, 1012–1021.

Firmansyah, D. H. (2019). Implementasi Model Inkuiri Terbimbing dengan Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata pelajaran IPS. 1, 339–345.

Hasanah, M. (2022). Implementasi Nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPS. Edukatif, 8(1), 27–37.

Horokubun, S., Rindengan, M., & Tompunu, R. (2021). Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Kelas V SD Inpres Kakaskasen Tiga. Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 1 11. http://ejurnal mapalus unima.ac.id/index.php/eduprimary

Lindawati. (2019). Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri 59 Bengkulu Utara. Jurnal Georafflesia, 4(1), 51–66. https://journals.unihaz.ac.id/index.php/georafflesia

Meja, M. T. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD. 6(7), 706–715.

Meli, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD No. 2 Canggu. Journal of Education Action Research, 1(3), 220–229. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jear.v1i3.12686

Mufarizuddin. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS dengan Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 84–88.

Prayekti, H., & Nugraha, Y. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Berbantuan Media CD Interaktif. Jurnal Analisi Ilmu Pendidikan Volume, 1(2), 22–29.

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341–361. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Qiptiyyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar PKN Materi Kedudukan dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas VIII F MTs Negeri 5 Demak. G-COUNS: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 62–68.

Rohmanurmeta, F. M., & Dewi, C. (2019). Pengembangan Ilmu Pengetahuan Sosial. UNIPMA Press.

Sahit. (2019). Peningkatan Hasil IPS Melalui Model Pembelajaran Inkuiri pada Siswa Kelas V SDN 1 Sukaraja. Ahsanta Jurnal Pendidikan, 5(3), 84 91. https://journal.stkipalitb.ac.id/index.php/ajp

Sukarman, Sunaryo, & Siahaan, B. Z. (2014). PF-46 : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 94 Jakarta. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal), 3, 151–155.

Usman. (2021). Ragam Strategi Pembelajaran: Berbasis Teknologi Informasi. IAIN Parepare Nusantara Press.

Yusnaldi, E. (2019). Potret Baru Pembelajaran IPS. Perdana Publishing.

Downloads

Published

2023-12-31

How to Cite

Yani, A., La Ili, La Ode Kaimuddin, & Mustari, F. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI BANGUN DATAR KELAS IV . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 138–146. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/29