PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN KELAS V SDN 41 KENDARI

Authors

  • Putri Amalia Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Wa Ode Lidya Arisanti Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.28

Keywords:

inkuiri terbimbing, kemampuan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini tujuannya agar kemampuan berpikir kritis siswa materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan melalui penggunaan model Inkuiri Terbimbing kelas V SDN 41 Kendari naik. Jenis penelitiannya PTK melalui II siklus langkahnya perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subyek diteliti 29 siswa kelas V SDN 41 Kendari T.A 2022/2023 semester I. Data dikumpulkan melalui observasi serta tes kemampuan berpikir kritis lalu dianalisis deskriptif kualitatif serta kuantitatif. Hasil penelitiannya kemampuan berpikir kritis siswa siklus I sekitar 46,37% (kateorinya kurang kritis) naik siklus II sekitar 69,48% (kategorinya kritis). Kesimpulannya, penggunaan model ini mampu menjadikan kemampuan berpikir kritis siswa materi Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan kelas V SDN 41 Kendari meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atikah Mumpuni, M. P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis IPA SD. Kontekstual, 1(2),51– 53. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.46772/Kontekstual.vli02.162

Ekayogi, I. W. (2022). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Google Workspace for Education untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 6(2), 433–452. https://doi.org/10.26811/didaktika.v6i2.495

Febriani, D. R., & Ismono. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Materi Laju Reaksi Kelas XI Implementation of Guided Inquiry Learning Model To Train Critical Thinking Skills on Reaction Rate Class Xi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(2), 187-192

.https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ujced.v9n2.p187-192

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 1(2), 122.

https://doi.org/10.23887/jear.v1i2.12045

Kurniawan, N. A., Hidayah, N., & Rahman, D. H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 6(3), 336.

https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i3.14579

Nurpratiwi, R. T., Sriwanto, S., & Sarjanti, E. (2015). Belajar Siswa Melalui Metode Picture And Picture Dengan Media Audio Visual pada Mata Pelajaran Geografi di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Bantarkawung. IV(2), 3–4. https://doi.org/https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/GeoEdukasi/article/view/524

Parwati, G. A. P. U., Rapi, N. K., & Rachmawati, D. O. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 10(1), 49.

https://doi.org/10.23887/jjpf.v10i1.26724

Puspitasari, D. R., Mustaji, & Rusmawati, R. D. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berpengaruh Terhadap Pemahaman dan Penemuan Konsep dalam Pembelajaran PPKn. Jipp, 3(1), 96–107. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17536

Rahmawati, E. (2021). Penerapan Keterampilan Menyimak Berbasis Karakter Melalui Film Animasi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 3a Sd Al Husna Kota Madiun Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Indonesia, 2013–2015. https://doi.org/https://doi.org/https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/3878

Supratiknyo, P. (2021). Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Benda Terapung , Melayang dan Tenggelam Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Jurnal Terapan Pendidikan Dasar dan Menengah, I(2), 290–301. https://doi.org/https://doi.org/https://ojs.unublitar.ac.id/index.php/jtpdm/article/view/245

Tapanuli, P., Hal, S., Wahyuni, S., Nasution, R., Pd, S., & Pd, M. (2018). Jurnal Education and development Institut Penerapan Model Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Fisika. 3(1), 1–5. https://doi.org/https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v3i1.85

Winanto, A., & Makahube, D. (2016). Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SD Negeri Kutowinangun 11 Kota Salatiga. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(2), 119. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i2.p119-138

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Putri Amalia, Amiruddin B., & Arisanti, W. O. L. (2023). PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PENGARUH KALOR TERHADAP KEHIDUPAN KELAS V SDN 41 KENDARI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 48–56. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.28