MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.27Keywords:
brainstorming, keterampilan berbicaraAbstract
Tujuan dalam penelitian ini ialah untuk meningkatkan aktivitas mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan keterampilan berbicara siswa kelas IVb SDN 93 Kendari dengan menggunakan metode pembelajaran Brainstorming pada tema 6 (Cita-Citaku). Metode yang dipakai dalam penelitian ini yakni Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan metode pengumpulan data memakau tes dan observasi, dan analisis data memaka analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas mengajar guru meningkat dari 75% (Siklus I) menjadi 100% (Siklus II). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dari 75% (Siklus I) menjadi 100% (Siklus II). Begitupun dengan keterampilan berbicara siswa yang dapat meningkat dengan baik dengan persentase kelulusan di siklus I sebesar 50% menjadi 85% di siklus II. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Brainstorming dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas IVb SDN 93 Kendari.
Downloads
References
Amin, D. N. F. (2016). Penerapan Metode Curah Gagasan ( Brainstorming ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 5(2), 1–15.
DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.052.01
Halidjah, S. (2012). Evaluasi Keterampilan Berbicara Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 259–268.
DOI: http://dx.doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367
Harianto, E. (2020). Metode Bertukar Gagasan dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara. DIDAKTIKA, 9(4), 411–422.
DOI: https://doi.org/10.58230/27454312.56
Juanda, A. (2016). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) (1st ed.). Deepublish.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.29240/jpd.v2i1.261
Mu’alimin, & Cahyadi, R. A. H. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Teori dan Praktik. Ganding Pustaka.
Mufidah, N., & Zainudin, I. (2018). Metode Pembelajaran Al-Ashwat. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 199–218.
DOI: https://doi.org/10.14421/almahara.2018.042-03
Nurafifah, L., Nurlaelah, E., & Usdiyana, D. (2016). Model Pembelajaran Osborn Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. MATHLINE ; Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 93–102.
DOI: https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.21
Primadyaningsih, K., Kamsiyati, S., & Markamah, E. S. (2016). Penggunaan Metode Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Pantun. Jurnal Didaktika Djiwa Indria, 4(12).
https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pgdsolo/article/view/9148
Rajai, M. A. (2018). Metode Curah Pendapat (Brainstorming) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Elementary Edukasia.
DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jee.v1i2.1047
Rianto, M. (2006). Pendekatan, Strategi, Dan Metode Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional.
Rohmanurmeta, F. M., Harsanti, A. G., & Widyaningrum, H. K. (2016). Pengaruh Metode Brainstorming Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Tematik Integratif. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 10–20.
Downloads
Published
Versions
- 2024-07-12 (2)
- 2023-08-31 (1)