PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 26 KENDARI

Authors

  • Abdul Kadir Syahbana Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo
  • Sakka Hasan Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.26

Keywords:

penerapan, model, problem based learning, hasil belajar

Abstract

Tujuan menerapkan model PBL demi peningkatan hasil belajarnya siswa Tema 6 Panas dan Perpindahannya Kelas V SDN 26 Kendari. Jenis penelitiannya PTK dimana langkahnya dimulai perencanaan, pelaksaan tindakan, observasi, serta refleksi. Subyek diteliti guru serta siswanya kelas V SDN 26 Kendari. Datanya dikumpulkan melalui lembar observasi gurunya juga siswanya serta tes siklus. Secara klasikal persentase siswanya tuntas siklus I 6 orang sekitar 18% 6, peningkatan siklus II persentase siswanya tuntas siklus II 30 orang sekitar 89%. Maka, kesimpulannya penerapan model PBL membuat hasil belajarnya siswa Tema 6 Panas dan Perpindahannya meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amna Emda. 2015. “Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa.” 5(2).

Dahlia, Dahlia. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Berlajar Matematika Topik Bilangan Cacah.” Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan 14(2):59–64. doi: 10.55215/pedagogia.v14i2.6611.

Dini Siswani, Mulia, and Suwarno. 2016. “PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas.” Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan IX(2):11.

Fitra, Yenni Surya. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 016 Langgini Kabupaten Kampar.” 1(1):38–53.

Gulo, Abdiana. 2022. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA.” Educativo: Jurnal Pendidikan 1(1):334–41. doi: 10.56248/educativo.v1i1.58.

Hanum, Farida. 2017. “Penelitian Tindakan Kelas.” Diklat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Lanjut Tingkat Nasional Bagi Guru Pamong Belajar, 9-10 Agustus 2017 1–12.

Husnidar, Husnidar, and Rahmi Hayati. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa.” Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains 2(2):67–72. doi: 10.51179/asimetris.v2i2.811.

Ismail, Muh. Ilyas. 2010. “Kinerja Dan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran.” Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 13(1):44–63. doi: 10.24252/lp.2010v13n1a4.

Setiyaningrum, Monika. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas 5 SD.” Jartika: Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan 1(2):99–108.

Siwi, Katrina, Gracia Gabriella Gampu, and Bobby Lompoliuw. 2020. “Edu Primary Journal : Jurnal Pendidikan Dasar.” 1(1):27–35.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2019. “Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Berbantu Media Miniatur Lingkungan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 7(2):73. doi: 10.33603/ejpe.v7i2.1970.

Sunardin, Sunardin. 2019. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPS Melalui Penerapan Model Project Based Learning.” Indonesian Journal of Educational Studies 21(2):116–22. doi: 10.26858/ijes.v21i2.8641.

Suryana Yusaerah, Nur, and Imranah. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Murid Kelas V Sd.” 22–29.

Tombokan, Sarah S. N. 2021. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Di SD.” 7(1). doi: 10.5281/zenodo.4539955.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Syahbana, A. K., Suardika, I. K., & Hasan, S. (2023). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 PANAS DAN PERPINDAHANNYA KELAS V SD NEGERI 26 KENDARI . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 23–34. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.26