PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN BARANGKA

Authors

  • Sitti Khairiyyah Universitas Halu Oleo
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo
  • Alimulya Rende Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.25

Keywords:

pengaruh, problem based learning, energi, literasi sains

Abstract

penelitian yang dilakukan ini bermaksud untuk mengidentifiakasi dampak dari penerapan model Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains pada pembelajaran IPA kelas IV SD Negeri di Kecamatan Barangka. Populasi yang digunakan dalam penelitian ialah seluruh murid di SD Negeri 3 Barangka dan juga SD Negeri 4 Barangka. Sampel diperoleh dengan menggunakan purposive sampling yang disesuaikan dengan evaluasi serta ciri-ciri yang lebih spesifik, yang diperoleh sebanyak 31 murid dari kedua sekolah tersebut. Data diperoleh dengan mengaplikasikan tes, instrumen soal yang di dalamnya termasuk tes uraian pretest-postest. Data kemudian dianalisis dengan memanfaatkan rumus korelasi product moment yang dibantu dengan SPSS 24. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dengan instrumen soal berupa tes uraian pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment yang dibantu dengan SPSS 24. Berdasarkan analisa serta hasil yang ditemukan, peneliti menemukan bahwa ada ketidaksamaan dari nilai rerata pretest dan posttest yakni 40,00 serta 61,06. Hasil uji t menyajikan nilai Sig. < 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa ada dampak yang bermakna pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi sains peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiwiguna, P. S., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berorientasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Siswa Kelas V SD di Gugus I Gusti Ketut Pudja. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 94–103. https://ejournal-pasca.undiksha.ac.id/index.php/jurnal_pendas/article/view/2871

Aiman, U., Dantes, N., & Suma, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Literasi Sains dan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 6(2), 196–209. https://doi.org/10.5281/zenodo.3551978

Darma, B. (2021). Statistika Penelitian Menggunakan SPSS (Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Regresi Linear Sederhana, Regresi Linear Berganda, Uji t, Uji F, R2) (Guepedia/Br (ed.)). Guepedia.

Darma, Khaeruddin, & Ristiana, E. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas V SD. Jurnal Edumaspul, 4(1), 350–357.

https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP/article/view/8876

Kelana, J. B., & Pratama, D. F. (2019). Bahan Ajar IPA Berbasis Literasi Sains (LEKKAS). LEKKAS.

Luh, N., Dianawati, P., Riastini, P. N., & Pudjawan, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA Siswa Kelas V SD No . 1 Ungasan Kecamatan Kuta Selatan Tahun Pelajaran 2016 / 2017. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 5(2), 1–12.

https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/10985

Magdalena, R., & Krisanti, M. A. (2019). Analisis Penyebab dan Solusi Rekonsiliasi Finished Goods Menggunakan Hipotesis Statistik dengan Metode. Jurnal TEKNO, 16(1), 35–48.

https://core.ac.uk/download/pdf/237001731.pdf

Miftahurrahman, Dewi, N. K., & Ilhamdi, M. L. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD N 1Telagawaru Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendas: Primary Education Journal, 1(2), 113–123.

https://journal.unram.ac.id/index.php/pendas/article/view/62

Nuryanti, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bilangan Romawi bagi Siswa Tunarungu Kelas IV SDLB. Jurnal Asesmen dan Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus, 20(1), 40–51. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/21734

Rizky, N. F., Gusrayani, D., & Sujana, A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Sumber Daya Alam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SD. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 251–260. https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/article/view/10660

Widiana, R., Maharani, A. D., & Rowdoh. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Literasi Sains Siswa SMA. Jurnal Ta’dib, 23(1), 83–94.

https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/takdib/article/view/1689

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://www.unma.ac.id/jurnal/index.php/CP/article/view/592

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Sitti Khairiyyah, Amiruddin B., & Rende, A. (2023). PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI SAINS PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI DI KECAMATAN BARANGKA. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 12–22. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.25