PEMANFAATAN TEKNOLOGI GADGET MELALUI APLIKASI WHATSAPP TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA DI KELAS V SD NEGERI 22 KENDARI
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v7i1.24Keywords:
pemenfaatan Gadget, hasil belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aplikasi Whatsapp digunakan oleh siswa kelas V SD Negeri 22 Kendari dalam pembelajaran PKn dengan memanfaatkan teknologi gadget untuk meningkatkan hasil belajar mereka. Penelitian ex post facto adalah metode yang digunakan untuk mengidentifikasi gejala atau fenomena yang ditimbulkan oleh suatu kejadian di masa lalu, perilaku di masa lalu, atau kejadian di masa lalu yang telah merubah variabel bebas. Instruktur dan siswa di Kelas Va SD Negeri 22 Kendari berperan sebagai subjek penelitian. Strategi untuk mengumpulkan data, termasuk survei, dokumentasi, dan wawancara. Kuesioner digunakan sebagai alat penelitian. Penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan adalah metode analisis data yang digunakan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam bentuk gawai bagi guru dan siswa sangat membantu dan meningkatkan pembelajaran. Namun, beberapa siswa tidak memiliki akses ke gadget mereka sendiri, yang menghambat kemampuan mereka untuk belajar, dan kurangnya kontrol siswa di rumah membuat siswa lebih memprioritaskan bermain dengan gadget daripada belajar. Selain itu, nilai rata-rata ujian siswa yang diambil sebelum belajar online adalah 88,8, sedangkan nilai rata-rata ujian siswa yang diambil saat belajar online adalah 83. Kesimpulan: Penggunaan Whatsapp di perangkat seluler dapat berdampak pada hasil belajar siswa untuk mata pelajaran kewarganegaraan.
Downloads
References
Abroto, A. P. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. basicedu , 5, 1632-1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971
Adriani, S. A., Kadir., Salam, M., dan Ikman. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Terhadap Hasil Belajar matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Raha. Jurnal Pendidikan matematika, Vol. 10, No. 1, 66-76. https://dx.doi.org/10.36709/jpm.v10i1.5645
Awaludin, Rahmat, & muh, Juliarta, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Pembelajaran Daring Melalui Apilikasi Whatsapp Dengan Bantuan Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 12 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 8(3), 449–461. https://doi.org/10.36709/jppm.v8i3.16704
Chusna, P. A. (2017). Perkembangan Pengaruh Media Gadget pada Anak Karakter. 17(2), 315–330. PENGARUH MEDIA GADGET PADA PERKEMBANGAN KARAKTER ANAK | Dinamika Penelitian: Media Komunikasi Penelitian Sosial Keagamaan (uinsatu.ac.id)
Fatira Marlya, dkk. 2021. Pembelajaran Digital. Bandung. Widina Bhakti Persada
Fauzi, R. 2017. Perubahan Budaya Komunikasi Pada Pengguna Whatsapp Di Era Media Baru. JIKE, Vol. 1, No. 1, 1-10. 265273-perubahan-budaya-komunikasi-pada-penggun-2e8a6579.pdf (neliti.com)
Hadi, B. 2015. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning Di Smk N 1 Sragen. Pengembangan ICT dalam Pembelajaran Pascasarjana Program Studi Teknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Solo. Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp pada Pembelajaran Berbasis Blended Learning di Smk N 1 Sragen - Neliti
Husain, Chaidar. 2014. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan. Vol. 2. Kwartolo, Yuli. 2010. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Proses Pembelajaran. Vol. 9. Online Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran di SMA Muhammadiyah Tarakan | Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan (umm.ac.id)
Lutfiyah, L. (2020). Ketuntasan Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 Program Televisi Edukasi Belajar dari Rumah. Laplace. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2). Doi: https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.380
Ma’ruufah, M. A., & Gestiardi, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid 19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Nalar Pendidikan, 9(1), 36–42. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i1.20299
Minhajul Ngabidin. 2021. Pembelajaran Dimasa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Yogyakarta. CV. Budi Utama.
Pebriana, P. H. (2017). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial. OBSESI, 1(1), 1–11. Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini | Pebriana | Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Purnasari, P. D., Sadewo, Y. D., & Barat, B. K. (2020). Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kompetesnsi Pedagogik. 10, 189–196. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i3.15275
Salam M. 2020. WhatsApp, Kehadiran, Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika, 11 (2)-198-212 http://dx.doi.org/10.36709/jpm.v11i2.11675
Sjukur, S. B. 2012. Pengaruh Blended Learning Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK: Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.2, No.3, 368-378. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i3.1043
Suhendri, H. 2010. Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar PKN. Jurnal Formatif, Vol.1, No.1, 29-39. http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v1i1.61
Suprijono, A. 2015. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Susanto, Ahmad. 2013 Teori Belajar & Pembelajran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana
Yensy, N.A. 2020. Efektifitas Pembelajaran Statistika PKN Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan PKN Raflesia, Vol. 05, No. 02, 65-74. Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19) | Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia (unib.ac.id)