DESKRIPSI JENIS-JENIS KESALAHAN SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE NEWMAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA PADA KELAS IV
DOI:
https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.21Keywords:
metode newman, jenis kesalahan siswaAbstract
Rumusan masalah dalam Penelitian ini adalah terdapat siswa yang melakukan kekeliruan terkait penyelesaian soal matematika. Tujuan penelitian.ini adalah mengetahui jenis-jenis kesalahan siswa.menggunakan metode Newman dalam menyelesaikan soal cerita.matematika materi KPK dan FPB pada kelas IV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dilakukan di kelas IV dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 6 siswa perempuan dan.14.siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan, yaitu Credibility, Transfermability, Dependability, Confirmability. Dari hasil penelitian diperoleh informasi bahwa jenis kesalahan yang di lakukan siswa kelas IV ketika menyelesaikan soal matematika materi KPK dan FPB berdasarkan analisis kesalahan Newman ada,5,jenis kesalahan, yakni kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan keterampilan proses, dan kesalahan penulisan jawaban akhir.
Downloads
References
Andar, & Ikman. (2016). Deskripsi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Ujian Semester Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 4(2), 16. https://doi.org/www.jppm.hol.es
Dinda, R., & Permata Laelatul Dhian. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 177–178.
Halim, F. A., & Rasidah, N. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmatika Sosial Berdasarkan Prosedur Newman. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 36. https://doi.org/https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/gauss/article/view/1406
Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu.
Hidayanto, T., Subanji, & Hidayanto, E. (2017). Deskripsi Kesalahan Struktur Berpikir Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Serta Defragmentingnya: Suatu Studi Kasus. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 1(1), 72–73. https://doi.org/http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm
Kuswanti, Y., Sudirman, & Nusantara, T. (2018). Deskripsi Kesalahan Siswa pada Penyelesaian Masalah Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV). Jurnal Pendidikan, 3(7), 865. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Maharani, I. P., Sisworo, & Permadi, H. (2019). Deskripsi Kesalahan Siswa dan Scaffoldingnya dalam Menyederhanakan Pecahan Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan, 4(12), 1672. https://doi.org/http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Margono, S. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.
Prakitipong, N., & Nakamura, S. (2006). Analysis of Mathematics Performance of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure. Journal of International Cooperation in Education, 9(1), 113.
Rahmawati Dinda, & Permata Dhian Laelatul. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear dengan Prosedur Newman. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 177–178. https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/jpm
Rusnianti, W. O., Kaimuddin, L. O., Yoo Eka Yana, K., & Ashari, M. (2021). Analisis Kesulitan Siswa Belajar Matematika pada Materi Bangun Datar Kelas I SD Negeri 5 Buton. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(2), 121. https://doi.org/http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd
Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFBETA.
Susanti1, M., Zanthy, L. S., & Fitriani, N. (2020). Deskripsi Kesalahan Siswa Memecahkan Soal Berbentuk Cerita pada Materi Segiempat. Teori Dan Riset Matematika, 5(1), 79. https://doi.org/https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/3200