PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 93 KENDARI

Authors

  • Nun Rohani Rohani Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo
  • Lisnawati Rusmin Universitas Halu Oleo

Keywords:

Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V, mata pelajaran PKn  SD Negeri 93 Kendari melalui Penerapan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah  Dasar Negeri 93 Kendari tahun ajaran 2021/2022  dengan jumlah siswa sebanyak  24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.  Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Adapun peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari  pencapaian nilai KKM (70) yaitu, Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai  66,66%, dengan nilai rata-rata 78,95%. Pada siklus II hasil belajar siswa  mencapai nilai KKM 70 sebanyak  91,66%, dengan  nilai rata-rata 92,70%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

La Ode Safiun Arihi, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Lisnawati Rusmin, Universitas Halu Oleo

Jurusan Pendidikan Guru SD

References

Ismatunsarrah, Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567

Ngamiatun. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untukmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Va Sdn Gading I Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02).https://www.neliti.com/id/publications/252341/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-untuk-meningkatkan-hasil-belaj

Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan IlmuPendidikan Universitas Riau, 7(2). http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287

Laung, F., Palimbong, A., & Jamaludin. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Padapembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VI Sd Inpres 02 Pongian. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12). https://media.neliti.com/media/publications/121713-ID-penerapan-pembelajaran-kooperatif-tipe-s.pdf

Hasrinda, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajarsiswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MI Al-Khaerat Poleonro. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 42-50. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD

Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864

Rusman. (2018). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Pranadamedia Group. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1058479

Rahman, A., & Putri, N. K. V. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 7(2), 21–36. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/1014/520520879

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Sani, R. A., Prayitno, W., & Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/816-panduan-praktis-penelitian-tindakan-kelas.html Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. http://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=313418

Megawati, & Oktavia, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran CTL Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 593–601. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.264

Roswan, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Keseimbangan Ekosistem melalui Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Manggeng. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 333–340. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2312

Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidorjo: NizamiaLearning Center.http://eprints.umsida.ac.id/296/1/Buku%20Model%20Pembelajaran%20Inovatif.pdf

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Rohani, N. R., Arihi, L. O. S., & Rusmin, L. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 93 KENDARI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 12–22. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/2