PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ( STAD ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS V SD NEGERI 93 KENDARI
Keywords:
Student Teams Achievement Division, Hasil BelajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas V, mata pelajaran PKn SD Negeri 93 Kendari melalui Penerapan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD. Penelitian ini terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Jenis data yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 93 Kendari tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Teknik analisis data yang digunakan berupa teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Koperatif Tipe STAD pada tema 7 peristiwa dalam kehidupan dapat meningkatkan hasil belajar PKn. Adapun peningkatan hasil belajar siswa terlihat dari pencapaian nilai KKM (70) yaitu, Pada siklus I ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 66,66%, dengan nilai rata-rata 78,95%. Pada siklus II hasil belajar siswa mencapai nilai KKM 70 sebanyak 91,66%, dengan nilai rata-rata 92,70%.
Downloads
References
Ismatunsarrah, Ridha, I., & Hadiya, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI pada Materi Elastisitas di SMAN 1 Peusangan. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 70–80. https://doi.org/10.24815/jipi.v4i1.14567
Ngamiatun. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untukmeningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Va Sdn Gading I Surabaya. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 02(02).https://www.neliti.com/id/publications/252341/penerapan-model-pembelajaran-kooperatif-tipe-stad-untuk-meningkatkan-hasil-belaj
Noviana, E., & Huda, M. N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Siswa Kelas IV SD Negeri 79 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan IlmuPendidikan Universitas Riau, 7(2). http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6287
Laung, F., Palimbong, A., & Jamaludin. (2014). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Padapembelajaran Pkn Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pkn Pada Siswa Kelas VI Sd Inpres 02 Pongian. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(12). https://media.neliti.com/media/publications/121713-ID-penerapan-pembelajaran-kooperatif-tipe-s.pdf
Hasrinda, dkk. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajarsiswa Pada Tema Indahnya Kebersamaan Di Kelas IV MI Al-Khaerat Poleonro. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 42-50. http://ojs.uho.ac.id/index.php/PGSD
Taufik, I. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. IQRO: Journal of Islamic Education, 2(2), 163–174. https://doi.org/10.24256/iqro.v2i2.864
Rusman. (2018). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Pranadamedia Group. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1058479
Rahman, A., & Putri, N. K. V. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Dan Media Video Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Sekolah Dasar (SD). Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 7(2), 21–36. http://ejournal.utp.ac.id/index.php/JMSG/article/view/1014/520520879
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Sani, R. A., Prayitno, W., & Hodriani. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. https://rosda.co.id/beranda/816-panduan-praktis-penelitian-tindakan-kelas.html Daryanto. (2018). Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media. http://balaiyanpus.jogjaprov.go.id/opac/detail-opac?id=313418
Megawati, & Oktavia, S. (2020). Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran CTL Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 593–601. https://doi.org/10.52060/mp.v5i1.264
Roswan, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Keseimbangan Ekosistem melalui Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Siswa Kelas VI SD Negeri 1 Manggeng. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Vokasi (JP2V), 1(3), 333–340. https://doi.org/10.32672/jp2v.v1i3.2312
Nurdiansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Sidorjo: NizamiaLearning Center.http://eprints.umsida.ac.id/296/1/Buku%20Model%20Pembelajaran%20Inovatif.pdf