PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV

Authors

  • Kasnianti Universitas Halu Oleo
  • Muhamad Abas Universitas Halu Oleo
  • La Ode Safiun Arihi Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.19

Keywords:

model team assisted individual, keterampilan berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh model pembelajaran Team Assisted Iindividual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis pekerjaan di kelas IV SDN 33 Kendari. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan penelitian eksperimen. Penelitian ini disebut sebagai penelitian eksperimen karena penelitian eksperimen digunakan apabila peneliti ingin mengetahui pengaruh sebab dan akibat antara variabel independen dan variabel dependen dan desain penelitian ini Pre-Experimental Design (Nondesign) dalam bentuk One-Group Pretest-Posstest Design. Hasil penelitian terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Team Assisted Individual terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada subtema 1 jenis-jenis Pekerjaan dengan menggunakan uji-t satu sampel (One Sample Test) pada taraf signifikansi 95% menunjukkan nilai thitung 5,137 > nilai ttabel 2,045 dengan nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0.05.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimuddin, H. (2017). Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Satap Bungoro. Jurnal Histogram. Vol. 1, No. 1, 68-81. https://doi.org/10.31100/histogram.v1i1.182

Amalia, D.R., Kartika, dan Afrilianto, M. (2019). Pengaruh Team Assisted Individualization Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol. 2, No. 5, 221-228. http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p221-228

Ayu, G., Gusmania, Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pythagoras. Vol.7, No. 2, 49-55. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v7i2.1319

Chasnawati, M. (2013). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI ) Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Kelas Rendah. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 1, No. 2, 183-194. https://doi.org/10.21274/taalum.2013.1.2.183-194

Hafid, A., Jafar A., dan Pendais H. (2014). Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Bandung: Alfabeta.

Karim dan Anshariyah, A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 4, No. 1, 58-67. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2290

Nurhikmah dan Ernawati. (2020). Pengaruh Model Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Berbasis Media Whatsapp. Jurnal Tardis Matematika. Vol. 1, No. 2, 19-26. https://doi.org/10.47435/jtm.v1i2.469

Panjaitan, J., Simangunsong , T.I., Dede Parsaoran Damanik, dan Alpianis Hulu. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Berbantuan Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains. Jurnal Darma Agung. Vol. 28, No. 1, 52-63. http://dx.doi.org/10.46930/ojsuda.v28i1.460

Rahmayanti, J., Connie, dan Iwan S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Kumparan Fisika. Vol. 3, No. 3, 199-208. https://doi.org/10.33369/jkf.3.3.199-208

Riswanto, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol. 5, No. 3, 293-304. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.284

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:

Kencana Prenada Media Group.

Wijayanti, R.R., Relmasira, C.S., dan Janelle L.J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Tipe TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Vol. 2, No. 4, 412-419. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v2i4.16159

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Kasnianti, Muhamad Abas, Arihi, L. O. S., & Suardika, I. K. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUAL TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA SUBTEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN DI KELAS IV . Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(3), 168–175. https://doi.org/10.36709/jobpgsd.v6i3.19