PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 6 MORAMO

Authors

  • Ernawati Universitas Halu Oleo
  • Muhammad Yasin Universitas Halu Oleo
  • Nana Sumarna Universitas Halu Oleo

Keywords:

model pembelajran berbasis masalah, kemampuan pemecahan masalah, masalah matematis

Abstract

Melalui penggunaan metodologi pembelajaran berbasis masalah, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas V SD Negeri 6 Moramo dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan dalam dua siklus tindakan, adalah nama dari jenis penelitian ini. Ke-16 anak kelas V SD Negeri 6 Moramo menjadi subjek penelitian, beserta para pengajarnya. Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Evaluasi, serta Refleksi merupakan langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang dikumpulkan dari kemampuan pemecahan masalah siswa dan data kualitatif yang dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan analisis penelitian, siklus I memiliki persentase ketuntasan rata-rata 68,72% atau 11 siswa, dan persentase ketuntasan rata-rata 31,25% atau 5 siswa. Siklus II memiliki persentase ketuntasan rata-rata 100% atau 16 siswa.siswa pada siklus II memiliki nilai rata-rata 94,93%. Temuan ini mendukung anggapan bahwa penggunaan model pembelajaran berbasis masalah di kelas V di SD Negeri 6 Moramo dapat membantu siswa menjadi lebih mahir dalam memecahkan masalah matematika.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amaliah, U., Robandi, B, & Iriawan, S. B. (2019).Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(3), 380–389.https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/22948/11278

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi.(2017). Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Miranda,Y.,& Ahmad, S. (2020).Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi FBB dan KPK Menggunakan Model Problem Based Learning di Kelas IV SDN 13 Gadut Agam.Jurnal Pendidikan Tambusai ISSN, 4(3), 2614–3097. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/777/696

Ode, Wa Hasanah, U., Yasin, M., & Ashari, I. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Di Kelas IV SDN 03 Tongkuno Selatan Jurusan PGSD , Univer. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 58–67. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/23559/14155

Oktaviani, L., & Tari, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Pada Siswa Kelas VI SD No 5 Jineng Dalem. Pedagogia, 16(1), 10. https://doi.org/10.17509/pdgia.v16i1.10718

Paizaluddin, M., & Ermalinda, M. (2016).Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Panduan Teoritis dan Praktis.Bandung: Alfabeta.

Rasmita. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Pecahan Siswa Kelas IV C Sdn 10 PoasiaJurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Halu Oleo Application Of Problem Based Learning Le. 2, 32–41. http://ojs.uho.ac.id/index.php/jipsd/article/view/13883/9689

Sunendar, A. (2017). Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Jurnal Theorems (The Original Research Of Mathematics), 2(1), 86-93.http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/577/543

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Se-Kuala Nagan Raya Aceh. Genta Mulia, 9(2), 56–70.https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/168/156

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897

Yandhari, I. A. V., Alamsyah, T. P., & Halimatusadiah, D. (2019).Penerapan Strategi Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 146–152. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i2.19671

Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018).Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ernawati, Muhammad Yasin, & Nana Sumarna. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI 6 MORAMO. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 98–107. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/13