MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 2 ULUNAMBO KABUPATEN MOROWALI

Authors

  • Sriastuti Universitas Halu Oleo
  • I Ketut Suardika Universitas Halu Oleo
  • Nana Sumarna Universitas Halu Oleo

Keywords:

model pembelajaran, kooperatif, tipe jigsaw, hasil belajar

Abstract

Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SD Negeri 2 Ulunambo Kabupaten Morowali ialah tujuan dari penelitian ini dilakukan. Bentuk penelitian ini disebut penelitian tindakan kelas, dan melibatkan dua siklus. Dua belas siswa dari kelas V SD Negeri 2 Ulunambo menjadi peserta penelitian. Pendekatan analisis data kuantitatif serta teknik analisis data kualitatif digunakan. Penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada hasil belajar siklus ketuntasan siklus mencapai 58,33%, dengan nilai rata-rata 67,08%. Dengan skor rata-rata 78,16%, tujuan belajar siswa siklus II tuntas 100%. Berdasarkan temuan di atas, dapat dikatakan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw di SD Negeri 2 Ulunambo Kabupaten Morowali dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Tabany, T. I. B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Unissula Press.

Arta. I. M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 4 Tenganan Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019.Jurnal Invasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah. 1(1). https://doi.org/10.51878/action.v1i1.283

Hayati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Maggelang: Graha Cendekia.

Khasanah, U. (2019).Penggelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas II SD Al-Irsyad Kota Tegal. Jurnal Pendidikan,1 (1). http://lib.unnes.ac.id/33512

Krowin, M. M. (2021).Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Edu Primary Journal,2 (2).https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/eduprimary/article/view/2110

Mahmud, & Priatna, T. (2008). Penelitian Tindakan kelas Teori dan Praktik. Bandung: Tsabita.

Maryati, Jamaludin, & Nurvita. (2015). Penerapan Metode Jigsaw Untuk Meninggkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata pelajaran IPS di SDK Despot Petunasugi Kecamatan Balano Lambunu.Jurnal Kreatif Tadulako, 4 (5).

http://media.neliti.com/media/piblications/111387-ID-penerapan-metode-jigsaw-untuk-meningkatk.pdf

Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Sidoarjo: Nizamia Learning Center.

Sudirman, & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Badan Penerbit UNM.

Santosa, D. S. S. (2017). Dampak Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Sekolah Dasar. JurnalPendidikan Dasar PerKhasa, 3(2). https://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/93

Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenademia Group.

Taufina, & Maharani, F, I. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pada pembelajaran Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(3).

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.402

Widiastini, M., Kusmariyanti, N., & Arini, N. W. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Mibar PGSD Universitas Pendidikan Ganesa, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view//2033

Widyanigrum, M. D., & Harjono, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru sekolah dasar (JPPGuseda0, 02(02).

https://Journal.unpak.ac.id/index.php/JJPGuseda/article/view/1446/1202

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Sriastuti, Suardika, I. K., & Nana Sumarna. (2022). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 2 ULUNAMBO KABUPATEN MOROWALI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 87–97. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/12