PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS II SD NEGERI 47 KENDARI

Authors

  • Tesya Mahdaniya Ode Naana Universitas Halu Oleo
  • Mansyur M. Universitas Halu Oleo
  • La Rabani Universitas Halu Oleo

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Terjadinya peningkatan pada aktivitas mengajar guru dengan diterapkannya metode SAS; (2) Terjadinya peningkatan pada ativitas belajar siswa dengan diterapkannya metode SAS; (3) Terjadinya peningkatan pada kemampuan membaca lancar siswa kelas II SD Negeri 47 Kendari dengan diterapkannya metode SAS. Penelitian ini memakai jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua kali tatap muka dalam satu siklus. Seluruh siswa kelas II SD Negeri 47 Kendari pada tahun pelajaran 2021/2022 adalah yang menjadi subjek pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini  menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas mengajar guru mengalami peningkatan antara siklus I dan II yaitu dari 70,85% meningkat menjadi 95,85%; (2) Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan antara siklus I dan II yaitu dari 54,17 % meningkat menjadi 91,65 %; dan (3) Ketuntasan klasikal kemampuan membaca lancar siswa antara siklus I dan II mengalami peningkatan yaitu dari 54,17% meningkat menjadi 83,3%. Berdasarkan data yang ada di atas peneliti dapat simpulkan bahwa dengan diterapkannya metode SAS kemampuan membaca lancar siswa kelas II SD Negeri 47 Kendari dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ayu Krisma Nursuci & Honest Ummi Kaltsum (2022). Penggunaan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. Vol. 6, No. 3.

DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3118

Evi Sumarni., dkk (2014). Penerapan metode Struktural Analitik Sintesis (SAS) Melalui Media Gambar untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, Vol. 2, No.1, Hal. 93. https://jurnalstkipmelawi.ac.id

Henry Guntur Tarigan (2015). Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung Angkasa.

Hery Wardiyanti. (2019). Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran). https://scholar.archive.org

Lubis, S. S. W. (2018). Pengembangan Metode SAS Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Siswa. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 7(1). https://jurnal.ar-raniry.ac.id

Maimana, M. Syahrul Rizal, Nurhaswinda. (2021). Penerapan Metode SAS Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Edumaspul. Vol. 5, No. 2, Hal. 171. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/download/2016/632/

Mansyur M & Amin Tunda. (2022). Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Lombok Tengah: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.

Muttaqin, Z., & Alpansori, M. J. (2021). Menilik Sinonimis, Persajakan Dan Pesan Moral Dalam Nasyidnahdlatain. Asas: Jurnal Sastra, 10(2). https://scholar.google.co.id

Nadrotul muhibah., dkk (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Struktural Analitik dan Sintetik (SAS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar. Vol. 12, No. 1, Hal 24-25.

DOI: http://dx.doi.org/10.32678/primary.v12i01.2707

Oktaviani, Rina, dkk. (2014). Anak Islam Gemar Membaca. Jakarta: Eska kids

Otang Kurniaman & Eddi Noviana (2017). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Di Kelas I SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. Vol. 5, No. 2, Hal. 152. https://primary.ejournal.unri.ac.id

Rahim, F. (2018). Pengajaran membaca di Sekolah Dasar. Ed. 2 Cet.5 Jakarta: bumi aksara.

Rahmania Taipo & Mansyur, M. (2019). Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Pada Kelas II SDN 11 Kendari. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar. Vol. 3, No. 2. http://ojs.uho.ac.id

Rita, R., Maridjo, A. H., Sukmawati. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Lancar dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Media Cerita Bergambar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(1). https://jurnal.untan.ac.id

Syarifah Hasibuan. (2019). Penggunaan Metode Sas Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SDN 106162 Medan Estate. SEJ (School Education Journal). Vol. 9, No. 2. https://jurnal.unimed.ac.id

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Ode Naana, T. M., Mansyur M., & La Rabani. (2022). PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA LANCAR MELALUI PENERAPAN METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) SISWA KELAS II SD NEGERI 47 KENDARI. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 77–86. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/11