DESKRIPSI KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI KELAS IV SDN 27 KENDARI
Keywords:
kemampuan pemecahan masalah, tingkat kemampuan pemecahan masalah, matematis siswaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SD Negeri 27 Kendari terhadap penyelesaian soal pemecahan masalah dalam pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pemberian tes sebagai instrumen penelitian, dengan subjek penelitian masing-masing 1 siswa untuk kategori rendah, sedang dan tinggi. Dari hasil penelitian diperoleh (1) Siswa kategori tinggi mampu memahami permasalahan dengan baik, mampu menyusun rencana dan melaksanakannya menggunakan prosedur penyelesaian secara tepat, selanjutnya melakukan evaluasi hingga pemeriksaan kembali jawaban sebelum menyimpulkan. (2) Siswa dengan kategori sedang tidak menuliskan informasi yang diketahui dan hal apa saja yang ditanyakan saat menjawab soal, tetapi memiliki kemampuan menyusun dan melaksanakan rencana penyelesaian berdasarkan prosedur penyelesaian secara tepat. (3) Siswa dengan kategori rendah tidak memiliki kemampuan memahami soal, tidak memiliki kemampuan merencanakan dan melakukan penyelesaian, serta tidak memiliki kemampuan mengevaluasi dan menginterpretasi jawaban yang didapatkan.
Downloads
References
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Prisma, Prosiding Seminar Matematika 151–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai 2, 786–792. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.42
Harapan, Elvira Riska, & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Persamaan Linear Satu Variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 No 1, 44–54. https://doi.org/10.22437/edumatica.v7i01.3874
Indarwati, D., Wahyudi, & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. 17–27. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27
Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Didaktika, 1 No 2, 230–242. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.36538
Roebyanto, G., & Harmini, S. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Umrana, E. C. (2019 ) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika 67–76. DOI : http://dx.doi.org/10.33772/jpbm.v4i1.7102
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri Di Kabupaten Ciamis. jurnal Riset Pendidikan Matematika 4(2), 166–175. DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar Di Rumah pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1), 772–782. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V5i1.705
Zulfah. (2017). Analisis Kesalahan Peserta Didik pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel Di Kelas VIII MTS Negeri Sungai Tonang. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 12–16. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i1.4
Zulfitri, H., & Aisyah, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika setelah Pembelajaran dengan Pendekatan MEAs Pada Materi Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel. Jurnal Gantang (1), 7–13. DOI: https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.881