PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI WANGKANAPI KOTA BAUBAU

Authors

  • Vera Amalia Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Rimba Hamid Universitas Halu Oleo, Indonesia
  • Amiruddin B. Universitas Halu Oleo, Indonesia

Keywords:

Model Problem Based Learning, IPA, Berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan model Probem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA di kelas V SD Negeri Wangkanapi Kota BauBau. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini adalah kelas VA sebanyak 26 orang dengan 10 laki-laki dan 16 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument angket model PBL dan tes soal berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Problem Based Learning dapat berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dengan  >  dimana 3,585 > 2,064 dengan ini  ditolak dan  diterima, dengan besaran pengaruh 34,9% dan indikator kemampuan berpikir kritis siswa yang paling tinggi adalah Elementary Clarification (memberikan penjelasan sederhana) dengan besar pengaruh 16%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vera Amalia, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Rimba Hamid, Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Amiruddin B., Universitas Halu Oleo, Indonesia

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alpriyalni, L., Nurlalelalh, I., & Setialwalti, I. (2017). Peneralpaln Model PBL Untuk Meningkaltkaln Keteralmpilaln Berpikir Kritis Ditinjalu Dalri Kemalmpualn Alkaldemik Siswal paldal Malteri Biologi. Qualggal, 9(1), 41–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25134/qualggal.v9i01.509

Alrialni, R. F. (2020). Pengalruh Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning Terhaldalp Kemalmpualn Berpikir Kritis Siswal SD Paldal Mualtaln IPAl. Jurnall Imialh Pendidikaln Daln Pembelaljalraln, 4(1), 422–432. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v4i3.28165

Jalyusmaln, I., & Shalvalb, O. Al. K. (2020). Studi Deskriptif Kualntitaltif Tentalng Alktivitals Belaljalr Malhalsiswal Dengaln Menggunalkaln Medial Pembelaljalraln Edmodo Dallalm Pembelaljalraln Sejalralh. Jurnall Alrtefalk, 7(1), 13. https://doi.org/10.25157/jal.v7i1.3180

Lilis Lismalyal. (2019). Berpikir Kritis & PBL (Problem Balsed Lealrning). Medial Salhalbalt Cendikial.

Nalsution, L. M. (2017). Staltistik Deskriptif. Jurnall Hikmalh, 14(1), 45–55. https://doi.org/10.1021/jal01626al006

Nuralini, F., & Kristin, F. (2017). Penggunalaln Model Problem Balsed Lealrning (Pbl) Untuk Meningkaltkaln Halsil Belaljalr Ipal Siswal Kelals 5 SD. E-Jurnallmitralpendidikaln, 1(4), 369–379. https://doi.org/10.1080/10889860091114220

Oktalvialni, M. Al., & Notobroto, H. balsuki. (2014). Perbalndingaln Tingkalt Konsistensi Normallitals Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shalpiro-Wilk, daln Skewness-Kurtosis. Jurnall Biometrikal Daln Kependudukaln, 3(2), 127–135. http://www.journall.unalir.alc.id/downloald-fullpalpers-biometrikd8bc041810full.pdf

Puspalrini, S. T., Feronikal, T., & Balhrialh, E. S. (2018). Pengalruh Model Pembelaljalraln Problem Balsed Lealrning (PBL) Terhaldalp Kemalmpualn Berpikir Kritis Siswal paldal Malteri Sistem Koloid. JRPK: Jurnall Riset Pendidikaln Kimial, 8(1), 35–42. https://doi.org/10.21009/jrpk.081.04

Ralhmaln, Al., Khaleruddin, & Ristialnal, E. (2020). Pengalruh Model PBL Terhaldalp Kemalmpualn Berpikir Kritis daln Pemalhalmaln Konsep IPAl Siswal Kelals V SDN 30 Sumpalngbital. Edumalspul : Jurnall Pendidikaln, 4(1), 29–41. https://doi.org/https://doi.org/10.33487/edumalspul.v4i1.201

Sofyaln, H., Walgiraln, Komalrialh, K., & Endri Triwiyono. (2017). Problem Balsed Lealrning Dallalm Kurikulum 2013. UNY Press.

Sukalyalnal, I. W., Yudalnal, M., & Hendral Divalyalnal, D. G. (2019). Kontribusi Kepemimpinaln Tralnsformalsionall, Supervisi Alkaldemik Kepallal Sekolalh, Kompetensi Pedalgogik daln Motivalsi Kerjal Terhaldalp Kinerjal Guru di SMK Kerthal Wisaltal Denpalsalr. Jurnall Aldministralsi Pendidikaln Indonesial, 10(2), 157–162. https://doi.org/10.23887/jalpi.v10i2.2804

Yusrialni, Y. Y., Sentryo, I., & Yalsin, M. (2020). Perbedalaln Kemalmpualn Berpikir Kritis Siswal Dallalm Pembelaljalraln Maltemaltikal Alntalral Model Poblem Balsed Lealrning daln Model Pembelaljalraln lalngsung Kelals IV SDN 95 Kendalri. Jurnall Ilmialh Pembelaljalraln Sekolalh Dalsalr, 2(1), 11–17. http://ojs.uho.alc.id/index.php/jipsd/alrticle/view/13693/9594

Downloads

Published

2022-08-31

How to Cite

Amalia, V., Hamid, R., & Amiruddin B. (2022). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI WANGKANAPI KOTA BAUBAU. Journal of Basication (JOB) : Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 1–11. Retrieved from https://job.uho.ac.id/index.php/journal/article/view/1